Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Naskah merupakan hasil penelitian yang sudah diformat sesuai dengan pola penulisan artikel jurnal ilmiah.
  • Naskah merupakan karya orisinil (bukan plagiasi) dan belum pernah dimuat di terbitan berkala ilmiah cetak atau terbitan berkala ilmiah elektronik lainnya.
  • Naskah dikirim ke CCIT Journal secara online submission pada http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit
  • Naskah yang dikirimkan ke Redaksi CCIT Journal adalah naskah file dalam format Microsoft Word, OpenOffice, atau format dokumen RTF (Rich Text File).
  • Naskah yang dikirimkan adalah naskah yang telah sesuai dengan ketentuan Redaksi CCIT Journal.
  • Bersedia melalui tahap blind review.
  • Pada tahap review penilaian sepenuhnya ada pada Reviewer, keputusan tidak dapat diganggu gugat.

Petunjuk Penulisan Bagi Penulis

  1. Jenis Tulisan
  2. Tulisan dapat berupa laporan/hasil penelitian atau makalah ilmiah bukan penelitian hasil laporan studi kasus atau kajian pustaka komprehenshif. Tulisan ilmiah/penelitian dapat berupa hasil: a). Pengembangan, b). Penemuan, c). Pembuktian.
    1. Laporan penelitian minimal harus memuat bagian abstrak, pendahuluan (latar belakang tujuan, hipotesis, konsep-konsep utama), metodologi, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan pustaka.
    2. Makalah ilmiah bukan penelitian minimal harus memuat bagian abstrak, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan dan pustaka.
  3. Keefektifan Judul Artikel
  4. Judul artikel dalam terbitan berkala ilmiah harus mencerminkan inti dari isi tulisan, spesifik, dan efektif yang diukur dari kelugasan penulisannya dan keinformatifannya. Jika tulisan menggunakan selain Bahasa Inggris, sebaiknya dilengkapi dengan terjemahan judul dalam bahasa Inggris.
  5. Pencantuman Nama Penulis dan Lembaga Penulis
  6. Pemantapan dan kemapanan pencantuman baris kredit (byline) yang meliputi nama penulis (harus tanpa gelar akademis atau indikasi jabatan dan kepangkatan) sebagai pemilik hak kepengarangan (authorship), alamat lembaga tempat kegiatan penelitian dilakukan (nama lembaga, alamat dan kode pos, nama negara) sebagai pemegang hak kepemilikan (ownership) atas tulisan, dan penulis korespondensi (telepon, faksimile, alamat e-mail) secara jelas dan bertaat asas. Pencantuman nama penulis dan lembaga penulis harus lengkap dan konsisten.
  7. Bahasa
  8. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan memperhatikan kaidah-kaidah bahasa ragam ilmiah. Khususnya untuk yang menggunakan bahasa Indonesia, hindari penggunaan kata ganti orang.
  9. Panjang Tulisan
  10. Panjang tulisan 10-15 halaman A4 spasi single termasuk tabel dan gambar serta lampiran, dengan jenis huruf Times New Roman font 12.
  11. Abstrak
  12. Panjang abstrak maksimum 250 kata, dalam satu paragraf, dilengkapi dengan kata-kata kunci pada bagian akhir abstrak. Abstrak memuat latar belakang, metodologi, hasil dan kesimpulan. Abstrak tidak bersifat matematis, tidak berisi saran dan harapan, tidak ada kutipan. Kata kunci (keywords) adalah kata-kata penting yang digunakan untuk mengidentifikasikan isi dokumen dapat berupa metode atau alat yang dipakai, variabel yang diteliti atau substansi penelitian. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  13. Kata Kunci
  14. ata kunci yang berfungsi karena dipilih secara cermat sehingga mampu mencerminkan konsep yang dikandung artikel terkait merupakan kelengkapan artikel ilmiah modern untuk membantu peningkatan kemudahan akses artikel yang bersangkutan dalam mesin pencari.
  15. Pemanfaatan Instrumen Pendukung
  16. Penulisan artikel ditutut untuk menggunakan semua sarana pelengkap seperti (ilustrasi gambar foto, tabel dan grafik) untuk mendukung pemaparan deskriptif. Untuk Gambar foto, tabel dan grafik harus diberi nomor dan judul lengkap serta harus diacu dalam tulisan. Gambar dan tabel dalam format hitam putih.
  17. Persamaan
  18. Persamaan matematika harus diberi nomor urut dalam kurung biasa, (x), dengan penulisan rata kanan.
  19. Cara Pengacuan dan Pengutipan
  20. Setiap makalah diwajibkan untuk mengutip sumber pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Gaya selingkung terbitan berkala ilmiah yang meliputi juga sistem pengacuan pustaka (nama tahun, urut nomor, catatan kaki, catatan akhir) serta cara pengutipan harus dijaga kebakuan dan konsistensi penggunaannya. Di dalam Bab, ditulis menggunakan tanda kurung siku berupa urutan tulisan [1]. Kalimat baca mengikuti tanda kurung [1]. Hanya merujuk ke nomor tulisan seperti di [1]- tidak menggunakan “kutipan . [1]” atau “kutipan [1]” kecuali diawal kalimat “kutipan [1] adalah ...” Sistem dan cara pengutipan ini sebaiknya menggunakan aplikasi pengutipan standar sehingga konsistensi dan aksesibilitasnya lebih terjaga.
  21. Daftar Pustaka
  22. Penyusunan daftar pustaka yang mengikuti teknik penulisan daftar pustaka IEEE References. Untuk menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan penulisan daftar pustaka, sebaiknya menggunakan aplikasi untuk mengelola pengacuan dan daftar pustaka tersebut, sebagai contoh aplikasi yang gratis (misalnya Mendeley, Refworks, Zotero) atau aplikasi yang berbayar (misalnya Endnote, Reference Manager).