Aplikasi Campus Learning System iOU (integrated Online Ujian) Dalam Mendukung Kegiatan iLearning Education (iDu) Pada Perguruan Tinggi

Main Article Content

Untung Rahardja
Muhamad Yusup
Qurotul Aini

Abstract

Untuk mengetahui mutu seorang pelajar setelah melewati proses pembelajaran adalah dengan diterapkannya ujian secara berkesinambungan agar dapat membenahi mutu pendidikan. Di dalam dunia pendidikan Perguruan Tinggi Raharja misalnya yang telah menerapkan metode pembelajaran iLearning. Namun konsep ujian dalam metode iLearning tersebut pada umumnya masih menggunakan paper based yang tidak sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini. Alternatif penanganan masalah ini adalah dengan menerapkan campus learning system iOU (integrated Online Ujian) berbasis computer based. Dengan iOU yang berbasis computer based mahasiswa dapat mengerjakan soalsoal ujian pada komputer yang merandom soal-soal tersebut, yang juga menjadikan mahasiswa dapat mengerjakan soal dalam waktu yang bersamaan tetapi masing-masing mengerjakan soal berbeda. Dalam pengerjaan soal iOU juga terdapat batas waktu memulai dan mengakhiri soal-soal tersebut. Dan mahasiswa beserta dosen dapat langsung mengetahui nilai akhir dari pengerjaan soal-soal ujian tersebut. Dalam jurnal ini, diidentifikasikan setidaknya 5 masalah yang dihadapi perihal konsep ujian paper based, definisi dari iOU computer based, serta manfaat dari konsep ujian iOU ini. Hasil akhir penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan peningkatan mutu ujian pada Perguruan Tinggi Raharja agar senantiasa memberikan kemudahan mahasiswa dalam mengerjakan ujian dan dosen dalam hal memberi nilai kepada mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Rahardja, U., Yusup, M., & Aini, Q. (2018). Aplikasi Campus Learning System iOU (integrated Online Ujian) Dalam Mendukung Kegiatan iLearning Education (iDu) Pada Perguruan Tinggi. CCIT Journal, 7(3), 368-383. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/119
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>