ANALISIS KINERJA STUDENT INFORMATION SERVICES MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Main Article Content

Untung Rahardja Sunar Abdul Wahid Nia Haryani

Abstract

Dalam perkembangan teknologi informasi khususnya pada manajemen modern saat ini semakin banyak organisasi-organisasi yang mengalihkan perhatiannya kepada pengguna dan kemudian mengorientasikan kinerjanya pada mutu pelayanan, hal ini dikarenakan sistem pelayanan merupakan hal yang paling penting serta dapat menjadi tolak ukur dan menilai sejauh mana kualitas dari sistem yang telah diterapkan. Seiring dengan berjalannya sistem, keoptimalan dari sistem yang diinginkan terkadang sulit dicapai. Bahkan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mencapai keoptimalan sistem tersebut sulit dijalankan dan ditindaklanjuti, hal ini dikarenakan kurangnya informasi mengenai kekurangan-kekurangan dari sistem yang sedang dijalankan. Untuk itu berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukannya analisa sejauh mana keoptimalan sebuah sistem pelayanan yang telah diterapkan, karena dengan adanya analisa lebih lanjut maka kekurangan dari sistem yang sedang berjalan dapat diketahui sehingga dapat dilakukan tindak lajut terhadap kekurangan sistem tersebut supaya sistem yang dihasilkan menjadi lebih optimal dan dapat meningkatkan kepuasan user. Terdapat beberapa teori yang digunakan dalam melakukan kajian terhadap adopsi teknologi informasi oleh pengguna akhir (end user) diantaranya adalah Theory of Reason Action, Theory of Planned Behaviour, Task-Technology Fit Theory, dan Technology Acceptance Model (TAM). Namun dalam hal ini Technology Acceptance Model lebih banyak digunakan. Metode ini membuat model tentang bagaimana pengguna mau menerima dan menggunakan teknologi. Penerapan model TAM kedalam analisa Student Information Services ditujukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan serta keoptimalan dari Student Information Services tersebut. Dengan melakukan analisa lebih lanjut maka kekurangan dari sistem tersebut dapat diketahui dan dilakukan penyempurnaan terhadap sistem.

Article Details

How to Cite
Rahardja, U., Wahid, S., & Haryani, N. (2009). ANALISIS KINERJA STUDENT INFORMATION SERVICES MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). CCIT Journal, 2(2), 111-129. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/281
Section
Articles

References

Arif Wibowo, (2008). Kajian Tentang Perilaku pengguna sistem informasi dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). Jurnal Universitas Budi Luhur, ciledug – Tangerang.
Wisnu Wijaya, Stevanus, (2008). Kajian Teoritis Technology Acceptance Model Sebagai Model Pendekatan Untuk Menentukan Strategi Mendorong Kemauan Pengguna Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikas, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Davis, Fred D., (1989). Measurement Scales for Perceived Usefulness and erceived Ease of Use. http://wings.buffalo.edu/mgmt/courses/mgstand/succes/davis.html.Accessed 29 Maret 2008.
Fandi Ciptono, (2007). Fungsi Pelayanan. www.geocitis.org. Accessed 7 April 2008.
Furneaux, B. (2006) Theories Used in IS Research: Technology Acceptance Model. Available from: http://www.istheory.yorku.ca. Accessed 29 Maret 2008.
Hermana, Budi, (2007). Blog Archive. Model Adopsi Teknologi Informasi. Accessed 15 Juni 2008.
Retno sayekti (2007) Mutu pelayanan pada organisasi profit dan organisasi not for profit, www.litagam.ogr. Accessed 29 Maret 2008.
Retno sayekti, (2008). Organisasi profit dan non profit. www.litagam.ogr. Accessed 7 April 2008.
Tangke, Natalia, (2004). Analisa Penerimaan Penerapan TABK dengan Menggunakan TAM pada BPK-RI. http://puslit.petra.ac.id. Accessed 7 April 2008.
Anonim, (2008). Peranan pelayanan dalam organisasi. www.umsida.ac.id. Accessed 7 April 2008.
Anonim, (2007). Universitas Muhamadiyah Yogyakarta 2007 Pelatihan Costumer Service. Yogyakarta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>