Kajian Persepsi Pengguna Teknologi Pembelajaran Raharja Multimedia Edutainment (RME) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model

Main Article Content

Prabowo Pudjo Widodo Maimunah Maimunah Henderi Henderi

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi (TI) oleh berbagai organisasi secara umum bertujuan
untuk memudahkan dan mempercepat pelaksanaan proses bisnis, meningkatkan efisiensi,
kualitas dan kemampuan kompetitif. Demikian pula dengan Perguruan Tinggi Raharja sebagai
organisasi yang bergerak di bidang pendidikan. Melalui penerapan teknologi informasi,
berbagai kegiatan dapat dilaksanakan secara lebih mudah, cepat, efektif, efisien, dan
kebutuhan berbagai jenis informasi yang dibutuhkan semua tingkatan manajemen di
Perguruan Tinggi Raharja yang merupakan critical success factor (CSF) bagi organisasi dapat
dipenuhi secara cepat, akurat dan hemat. Satu diantara produk teknologi informasi yang
telah diciptakan dan digunakan oleh Perguruan Tinggi Raharja tersebut adalah Raharja
Multimedia Edutainment (RME). Teknologi ini digunakan untuk mendukung dan memperlancar
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, dan memenuhi kebutuhan informasi yang berhubungan dengannya. Sehubungan dengan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi diterima dengan baik atau tidaknya RME oleh penggunanya. Juga ingin diketahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan RME. Model yang digunakan untuk mengetahui penerimaan RME pada penelitian ini adalah model TAM (Technology Acceptance Model). Model TAM secara rinci menjelaskan penerimaan teknologi informasi (TI) dengan dimensi-dimensi tertentu yang dapat mempengaruhi penerimaan teknologi oleh pengguna. Model ini menempatkan faktor sikap dan tiap-tiap perilaku pengguna dengan menggunakan dua variabel utama yaitu kemanfaatan (usefulness) dan kemudahan penggunaan (easy of use). Diduga penerimaan RME ini juga dipengaruhi oleh faktor lain antara lain: Attitude Toward Using (ATU) atau sikap untuk menggunakan, Intention to Use (ITU) atau niat untuk menggunakan terhadap produk/servis dan Actual System Usage (ASU) atau perilaku penggunaan.

Article Details

How to Cite
Widodo, P., Maimunah, M., & Henderi, H. (2009). Kajian Persepsi Pengguna Teknologi Pembelajaran Raharja Multimedia Edutainment (RME) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. CCIT Journal, 2(3), 231-256. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/290
Section
Articles

References

Davis F. D.(1989), Perceived Usefulness, Perceived ease of use of Information Technology, Management Information System Quarterly.
Fahmi Natigor Nasution (2004), “Teknologi Informasi Berdasarkan Apek Perilaku (Behavior Ascpect)”, USU Digital Library.
Ghozali, Imam A. (2005), Model Persamaan Struktural–konsep dan aplikasi dengan program AMOS Ver.5.0., Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Henderi, (2004), Internet: Sarana Strategis Belajar Berdampak Tinggi, Jurnal Cyber Raharja, Edisi 1 Tahun I (Hal. 6-9), Perguruan Tinggi Raharja
Iqbaria, Zinatelli (1997), Personal Computing Acceptance Factors in Small Firm : A Structural Equation Modelling, Management Information System Quarterly.
Jogiyanto (2007), “Sistem Informasi Keprilakuan” ,Andi, Yogyakarta.
Luftman J (1996), Competing in The Informatioan Age – Strategic Aligment in Practise, ed. By J. Luftman. Oxfort University Press
Untung Rahardja, Henderi, Rosdiana (2007), Raharja Multimedia Edutainment Menunjang Proses Belajar di Perguruan Tinggi Raharja, Cyber Raharja, Edisi 7 Tahun IV (Hal. 95-104) Perguruan Tinggi Raharja
Widodo, Prabowo, P.(2006), Statistika : Analisis Multivariat. Seri Metode Kuantitatif. Universitas Budi Luhur, Jakarta.
Yogesh Malhotra & Dennis F. Galetta (1999), “Extending The Technology Acceptance Model to Account for Social Influence”.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>