SMS VOTING DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC

Main Article Content

Yudhi Andrian Ratih Puspasari Lili Tanti

Abstract

Pada penelitian ini penulis akan merancang sebuah SMS gateway yang diaplikasikan untuk voting suara dengan menggunakan SMS. Diharapkan sistem ini akan dapat bermanfaat untuk mempercepat dan mempermudah pengguna untuk melakukan voting Handphone Client mengirimkan SMS (Short Message Service) dengan format tertentu ke Handphone server. Dimana Handphone Server terhubung ke komputer, sehingga Handphone Server dapat berkomunikasi langsung dengan komputer. SMS (Short Message Service) yang dikirimkan oleh Handphone Client akan diterima oleh Handphone Server. Komputer akan terus menerus membaca SMS (Short Message Service) yang ada di Handphone server, jika SMS (Short Message Service) yang masuk adalah “A”atau “a” maka nilai voting untuk A akan bertambah, kemudian nomor Handphone dan vote yang dikirim akan disimpan ke database. Demikian juga jika sms yang dikirim adalah “B” atau “b”, maka nilai voting untuk B akan bertambah, kemudian nomor Handphone dan vote yang dikirim akan disimpan ke database. Hal yang sama juga terjadi untuk voting C, dan D. Database dirancang dengan menggunakan Microsoft Acces.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Andrian, R. Puspasari, and L. Tanti, “SMS VOTING DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC”, CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal, vol. 2, no. 3, pp. 275-292, May 2009.
Section
Articles

References

Agfianto, 2004, Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55 Teori dan Aplikasi, Edisi Kedua, Penerbit: Gava Media, Yogyakarta
Agfianto, 2002, Teknik Antarmuka Komputer: Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama, Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta.
Andi, 2003, Panduan Praktis Teknik Antarmuka dan Pemrograman Mikrokontroler AT89C51, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Firdaus, 2006, SQL Server dengan Visual Basic 6.0 untuk orang awam, Penerbit Maxikom, Palembang.
Firdaus, 2006, 7 Jam Belajat Interaktif Visual Basic 6.0 untuk orang awam, Penerbit Maxikom, Palembang.
Lunkutoy, John, 1996, Pengenalan Komputer, Mutiara Sumber Widya, Jakarta
Malvino, 2003, Albert paul, Prinsip-prinsip Elektronika, Jilid 1 & 2, Edisi Pertama, Penerbit: Salemba Teknika, Jakarta.
Retna Prasetia dan Catur Edi Widodo, 2004, Interfacing Port Paralel dan Port Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0, Penerbit Andi, Yogyakarta
Saefullah Asep, Santoso Sugeng dkk. 2009, Mengendalikan Mouse Dengan Handphone Menggunakan Bluetooth Remote Control (BRC) Berbasis J2ME, Jurnal CSRID Vol 1 No.1 Februari, Medan : STMIK Potensi Utama.
Suhata, 2004, Aplikasi Mikrokontroler Sebagai Pengendali Peralatan Elektronik via Line Telepon, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Sutadi, Dwi, 2004, I/O Bus dan Motherboard, Penerbit Andi, Yogyakarta
Wardana, 2005, Membuat Lima Program Dahsyat di Visual Basic 6.0, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Wardana, 2005, Pembuatan Kontrol AktiveX di Visual Basic 6.0, Buku Kedua, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.