ITEM ADAPTIF MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY MAMDANI PADA GAME BERTEMA KEBERSIHAN SUNGAI ADAPTIVE ITEM USING MAMDANI FUZZY LOGIC IN RIVER SANITATION THEMED GAME

Main Article Content

Septian Idhi Pangestu
Hanny Haryanto
Erlin Dolphina

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat biodiversitas yang tinggi, ditandai dengan keanekaragaman hayatinya. Keanekaragaman hayati tersebut perlu untuk dijaga kelestariannya. Salah satu yang perlu dijaga adalah kebersihan lingkungan sungai dari pencemaran khususnya sampah. Akan tetapi kesadaran masyarakat Indonesia untuk tidak membuang sampah di sungai masih kurang. Maka diperlukan adanya sosialisasi atau pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran adalah game karena dalam game akan terjadi interaksi antara pemain dan komputer dengan caramenyenangkan. Dalam game, terdapat sebuah objek yang berguna untuk membantu pemain dalam menyelesaikan game yang disebut item. Item akan muncul secara acak atau sesuai dengan konfigurasi yang ditentukan developer. Hal ini kurang efektif karena apabila item tidak muncul atau item yang muncul tidak sesuai kebutuhan pemain maka pemain akan kesulitan dan cenderung mengalami kegagalan dalam menyelesaikan game. Metode Fuzzy Mamdani digunakan untuk menentukan jenis item yang muncul sesuai dengan apa yang saat itu dibutuhkan oleh pemain. Input diperoleh dari nilai sisa health pemain, sisa health laut, serta jumlah kesalahan yang dilakukan pemain, sedangkan output yang dihasilkan berupa item yang dibutuhkan oleh pemain. Hasil akhir dari penerapan metode tersebut menjadikan kemunculan item lebih adaptif dengan kebutuhan pemain.

Article Details

How to Cite
Pangestu, S., Haryanto, H., & Dolphina, E. (2018). ITEM ADAPTIF MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY MAMDANI PADA GAME BERTEMA KEBERSIHAN SUNGAI. CCIT Journal, 11(1), 58-68. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/321
Section
Articles