PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK SELEKSI PENERIMAAN SISWA BARU PADA SD ISLAM TERPADU PERMATA BUNDA DEMAK

Main Article Content

Linda Monizah Fitriani
Andik Setyono

Abstract

Proses seleksi penerimaan siswa baru merupakan hal mendasar yang dapat menentukan kelancaran kegiatan belajar mengajar di sekolah. Proses tersebut membutuhkan ketelitian agar hasilnya tepat dan akurat. Proses seleksi siswa baru terbagi menjadi 2 jenis penyeleksian, yaitu tes penjajagan dan tes wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan seleksi calon siswa sehingga dapat menjadi pendukung keputusan penerimaan siswa baru. Maka, diperlukannya pendekatan data mining agar menghasilkan informasi yang dapat mendukung pengambilan keputusan dalam penerimaan siswa baru. Algoritma yang digunakan adalah decision tree C4.5. Algoritma C4.5 dapat mendukung pengambilan keputusan penerimaan siswa baru melalui rules yang dihasilkan. Proses pengujian dengan RapidMiner menghasilkan akurasi sebesar 90,50%. Berdasarkan pengujian tersebut, peneliti mengolah kembali ke dalam bentuk aplikasi untuk membantu pihak sekolah. Maka, dilakukan penyebaran kuisioner kepada pihak sekolah untuk menguji peranan aplikasi tersebut yang berupa 10 pertanyaan oleh 20 guru dan mendapatkan hasil index sebesar 81,5%. Dengan demikian, pihak sekolah puas terhadap aplikasi tersebut dan dapat membantu proses seleksi oleh pihak sekolah.

Article Details

How to Cite
Fitriani, L., & Setyono, A. (2018). PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK SELEKSI PENERIMAAN SISWA BARU PADA SD ISLAM TERPADU PERMATA BUNDA DEMAK. CCIT Journal, 11(2), 159-170. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/546
Section
Articles