INDIKATOR USER SATISFACTION DALAM APLIKASI E-LECTURE (VIDEO PEER-EVALUATION PADA ONLINE CBL)

Main Article Content

Diah Aryani
Muhamad Yusup
Ilamsyah Ilamsyah

Abstract

Saat ini proses pembelajaran metode e-learning yang lebih interaktif di perguruan tinggi menjadi sebuah keharusan, namun metode pembelajaran e-learning yang berjalan masih mempergunakan pendekatan Teacher Centred Learning (TCL). Tentunya pendekatan TCL ini kurang relevan pelaksanaannya bagi perguuan tinggi yang mengunakan kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sehingga perlu megintegrasi ke pendakatan yang lebih aktif dan interaktif yaitu pendekatan Collabolative Learning (CbL). Pendekatan CbL pelaksanaannya mahasiswa menjadi lebih aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pembelajaran sehingga tercipta iklim perkuliahan yang lebih kolaboratif, supportif dan kooperatif. Implementasi e-learning dengan pendekatan Cbl, mahasiswa bekerjasama dengan kelompoknya serta memaparkan materi presentasi secara online dalam bentuk video presentasi oleh setiap kelompok dan kelompok lainnya langsung menilai presentasi ke setiap anggota kelompok yang presentasi. Analisa usability aplikasi video peer evaluation pada online CbL menggunakan user satisfaction difokuskan pada analisis aspek usability dimana pengguna yang berperan sebagai pengguna aplikasi Video Peer-Evaluation. Pada penelitan ini metode analisa menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) atau model persamaan struktural merupakan analisis multivariate yang dipergunakan melakukan analisa hubungan antar variable secara kompleks. persyaratan utama mempergunakan SEM yaitu untuk merancang model hipotesis dengan mempergunakan model struktural dan model pengukuran dalam bentuk diagram jalur. Diharapkan penelitian ini dapat meningatkan kepuasanyang dijadikan tolak ukur keberhasilan aplikasi Video Peer Evoluation pada online colaborative learning.

Article Details

How to Cite
Aryani, D., Yusup, M., & Ilamsyah, I. (2018). INDIKATOR USER SATISFACTION DALAM APLIKASI E-LECTURE (VIDEO PEER-EVALUATION PADA ONLINE CBL). CCIT Journal, 11(2), 245-256. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/554
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>