Analisis Faktor Kehadiran Mahasiswa terhadap Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode Principle Component Analysis

Main Article Content

Hermawaty Hermawaty

Abstract

Proses belajar mengajar pada perkuliahan sangat ditentukan oleh kehadiran mahasiswa, dan dosen. Adanya peraturan-peraturan yang dibuat oleh dosen dan disepakati oleh mahasiswa agar adanya kedipsiplinan dan kenyamanan dalam atmosfer pembelajaran. Salah satu penyebab kurang disiplin di dalam kelas yaitu adanya keterlambatan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, hal ini membuat suasana pembelajaran kurang nyaman karena konsentasi mahasiswa yang lain merasa terganggu. Dari masalah tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan mengangkat judul “ analisis faktor kehadiran mahasiswa terhadap proses belajar mengajar dengan menggunakan metode principle component analysis.Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan penelitian pendahuluan, merumuskan masalah dan mengolah data dengan menggunakan software SPSS, selanjutnya dengan pengujian barttley test. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui variabel-variabel penyebab rendahnya kehadiran mahasiswa, sehingga dosen dapat membuat peraturan-peraturan yang lebih tegas dan disepakati oleh mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Hermawaty, H. (2019). Analisis Faktor Kehadiran Mahasiswa terhadap Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode Principle Component Analysis. CCIT Journal, 12(1), 73-86. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/713
Section
Articles