Pengaruh Gender Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus Terhadap Masyarakat Pontianak)

Main Article Content

Diana Fitriani

Abstract

Penerapan pemasaran berbasis online berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk dari sisi gender. Sehingga tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh gender terhadap keputusan pembelian produk online pada masyarakat Pontianak. Teknik analisis menggunakan uji statistik Two Way Analysis Of Variance atau lebih dikenal dengan uji ANOVA 2 faktor dengan interaksi secara manual. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan penyebaran angket.Teknik sampling non probabilitas dengan metode purposive random sampling sebanyak 100 orang responden. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa responden laki-laki dan perempuan masingmasing sebanyak 50%, usia antara 23 – 27 tahun sebanyak 45%, pendidikan terakhir sarjana sebesar 35% dengan jenis pekerjaan karyawan swasta sebesar 38%, pendapatan perbulan 3.000.000 – 4.999.000 persentase 54%. Hasil tersebut menggambarkan bahwa dalam penelitian ini karakteristik pembeli dewasa yang bekerja dengan pendapatan tetapmemiliki kecenderungan melakukan pembelian online. Perempuan memiliki kecenderungan lebih mudah mengambil keputusan pembelian untuk produk yang ditawarkan secara online karena pengaruh perasaan yang feminine dan lebih sensitive ketika melihat iklan pada media online.

Article Details

How to Cite
Fitriani, D. (2019). Pengaruh Gender Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus Terhadap Masyarakat Pontianak). CCIT Journal, 12(1), 99-107. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/715
Section
Articles