Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran Agama Islam

Main Article Content

Dewi Immaniar Desrianti
Sudaryono Sudaryono
Rahmah Diana

Abstract

Pembelajaran berbentuk Animasi merupakan salah satu bentuk pemanfaatan dari TIK Multimedia yang perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan. Terutama pelajaran agama islam dimana peserta didik selalu jenuh dan merasa bosan ketika guru sedang memberikan sebuah materi pelajaran tersebut. Sebagai alternatif pemecahan masalah adalah memberikan suatu inovasi baru yaitu Animasi Interaktif. Animasi Interaktif adalah sistem pembelajaran terpadu yang akan diterapkan dan merupakan salah satu bentuk peningkatan dalam menuju suatu pendidikan yang modern dan berkualitas. Alasan penerapan metode Animasi Interaktif ini dapat memberikan sistem pembelajaran yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Didalam aplikasi pembelajaran ini menyajikan materi secara interaktif yang disertai teks, gambar, animasi, video, dan lagu religi. Proses pembuatan aplikasi yang dilakukan dimulai dari tahap penentuan sasaran, pemilihan topik materi, perancangan, pengumpulan data, perancangan dan uji coba. Tujuan diterapkan Animasi Interaktif ini guna menghilangkan suasana jenuh dan pasif pada proses belajar mengajar dan adanya pendekatan interaktif baik siswa maupun guru. Dengan adanya pembelajaran yang praktis ini berharap membantu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar berbentuk Animasi Interaktif pada disetiap sekolah. Sehingga metode penerapan ini dapat dibuat dalam rangka untuk meningkatkan kualitas, dan mutu dalam dunia pendidikan. Serta sebagai bahan referensi agar dapat dijadikan suatu bahan evaluasi sehingga dapat dikembangkan menjadi lebih baik.


 

Article Details

How to Cite
Desrianti, D., Sudaryono, S., & Diana, R. (2019). Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran Agama Islam. CCIT Journal, 12(1), 108-118. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/716
Section
Articles