PEMODELAN KNOWLEDGE MANAGEMEN SERVICE KENDARAAN BERBASIS WEB PADA BENGKEL MOTOR SEKOLAH KEJURUAN

Main Article Content

Ahmad Roihan
Radifa Rahma Fitriani

Abstract

Meningkatnya jumlah kendaraan di negara kita menjadi ladang subur untuk meningkatkan
pendapatan bagi pemilik bengkel. Peningkatan itu juga menjadi peluang kerja bagi siswa
kejuruan outomotiv untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Penerapan knowledge
management menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada
khususnya para lulusan smk . Knowledge management merupakan usaha untuk meningkatkan
knowledge yang berguna dalam organisasi. Knowledge management tidak hanya merupakan
pengaturan akan knowledge, namun lebih pada manajemen suatu organisasi dengan fokus
khusus terhadap knowledge. Penerapan knowledge management dengan sebuah sistem
berbasiskan web, diharapkan dapat menjadi solusi dari kebutuhan aliran knowledge yang tidak
dihalangi oleh batasan waktu dan tempat. Metodologi yang digunakan adalah analisis faktor
kontingensi untuk mendapatkan model knowledge management system tersebut. Model
knowledge management system yang dihasilkan mendukung proses Sosialisasi, Eksternalisasi,
Kombinasi, Internalisasi (SECI). Knowledge management system ini dikembangkan sebagai
sarana knowledge sharing pada bengkel service kendaraan sekolah menengah kejuruan
berbasis web .

Article Details

How to Cite
Roihan, A., & Fitriani, R. (2018). PEMODELAN KNOWLEDGE MANAGEMEN SERVICE KENDARAAN BERBASIS WEB PADA BENGKEL MOTOR SEKOLAH KEJURUAN. CERITA Journal, 4(2), 121-129. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/523
Section
Articles