PERANCANGAN SYSTEM INFORMASI PENANGANAN KELUHAN KONSUMEN BERBASIS WEB PADA PT. INDUSTIRA BATU CEPER TANGERANG

Main Article Content

Rosmawati Dwi
Sinudarwati Sinudarwati
Fika Regita Trismiyanto

Abstract

PT Industira adalah salah satu perusahaan yang bergerak di dalam bidang
manufaktur panel listrik pembagi (Disribution Board) untuk penerangan lampu TL. Untuk
meningkatkan pelayanan kepada konsumen, PT Industira menyediakan bagian Quality
Assurance & Customer Service Team Leader (QA & CS TL) sebagai wadah untuk
menampung berbagai penanganan keluhan yang diberikan oleh konsumen. Berdasarkan
sistem berjalan diperoleh hasil bahwa sistem masih terdapat beberapa kekurangan yang
semuanya masih dilakukan secara manual sehingga perlu adanya sistem baru yang lebih
akurat yaitu sistem informasi keluhan konsumen berbasis web yang menggunakan
pemrograman PHP dengan Notepad++ dan pembuatan database dengan MySql. Dari proses
tersebut dihasilkan sebuah sistem keluhan konsumen berbasis web yang dapat mengurangi
terjadinya ketidakefektif dan ketidakefesienan dalam penyampaian keluhan, penampungan
keluhan, pengolahan data keluhan, pengambil keputusan sampai dengan penyusunan laporan
keluhan sehingga dalam seluruh proses penanganan keluhan termonitoring dengan baik.


Kata Kunci Pelayanan, keluhan, Sistem Informasi

Article Details

How to Cite
Dwi, R., Sinudarwati, S., & Trismiyanto, F. (2019). PERANCANGAN SYSTEM INFORMASI PENANGANAN KELUHAN KONSUMEN BERBASIS WEB PADA PT. INDUSTIRA BATU CEPER TANGERANG. CERITA Journal, 5(2), 135-145. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/810
Section
Articles