PERANCANGAN APLIKASI SMART SEMINAR DAN WORKSHOP BERBASIS WEBSITE

Main Article Content

Abdul Hamid Arribathi
Saryani Saryani
Haris Haris

Abstract

Seminar dan workshop merupakan kegiatan yang tak terpisahkan dari dunia pendidikan di perguruan tinggi. Sebagaimana pelaksanaan tridharma perguruan tinggi adalah pengajaran, penelitian dan pengabdian. Hasil penelitian yang dilakukan memerlukan publikasi melalui tulisan ataupun seminar dan workshop. Namun pelaksanaan seminar dan workshop tersebut masih banyak yang menyelenggarakannya secara konvensional mulai dari pengumuman acara, pendaftaran peserta, hingga proses pelaksanaan acara. Sehingga dirasakan kurang efektif. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem Smart Seminar dan Workshop berbasis web dan android, yang dapat memfasilitasi pengumuman acara dan pendaftaran peserta secara online, absen kehadiran peserta dengan QRCode, serta membuat peserta dapat bertanya langsung melalui
aplikasi tanpa menyela isi materi yang sedang disampaikan oleh pembicara. Metode penelitian yang dilakukan tahap pertama mengumpulkan data dan informasi melalui wawancara, studi pustaka, dan Focus Group Discussion (FGD) dengan para pakar seminar dan workshop. Tahap kedua, untuk membangun sistem ini digunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) jenis Waterfall. Model Waterfall menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain, pengodean, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil rancang bangun sistem Smart Seminar dan Worksop dapat memudahkan institusi pendidikan dalam pelaksanaan seminar dan workshop secara efektif dan lebih bekualitas, serta lebih interaktif antara peserta dengan pembicara
dalam hal tanya jawab. Aplikasi ini dapat diakses melalui web browser maupun dengan aplikasi Android.

Article Details

How to Cite
Arribathi, A., Saryani, S., & Haris, H. (2019). PERANCANGAN APLIKASI SMART SEMINAR DAN WORKSHOP BERBASIS WEBSITE. CERITA Journal, 5(2), 156-164. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/845
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)