http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/issue/feed CERITA Journal 2019-02-14T20:33:47-05:00 Ilamsyah ilamsyah@raharja.info Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Journal CERITA:&nbsp;<em>Creative Education Of Research in Information Technology And Artificial Informatics</em></strong>&nbsp;adalah jurnal ilmiah nasional yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi Raharja Tangerang guna mempublikasikan ringkasan hasil penelitian civitas akademika pada bidang informatika dan komputer. <strong>CERITA</strong> Journal terbit setiap 6 bulan periode Februari dan Agustus.</p> <p style="text-align: justify;">Penerbitan jurnal ini dimaksudkan sebagai media dokumentasi dan informasi ilmiah yang sekiranya dapat membantu para dosen, staf dan mahasiswa dalam menginformasikan/mempublikasikan hasil penelitian, opini, tulisan dan kajian ilmiah lainnya kepada berbagai komunitas ilmiah.</p> http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/683 PENERAPAN MIDTRANS PAYMENT PADA OFFICIAL SITE ASOSIASI PERGURUAN TINGGI SWASTA INDONESIA 2019-02-12T03:01:26-05:00 Abas Sunarya abas@raharja.info Andri Cahyo Purnomo andricahyo@raharja.info Muhamad Iqbal Wahib muhamad.iqbal@raharja.info <p>Asosiasi perguruan tinggi swasta Indonesia suatu asosiasi yang mewakili aspirasi lebih dari tiga ribu perguruan tinggi swasta di Indonesia dengan berkomitmen menyusun program-program untuk memajukan perguruan tinggi swasta. Meskipun APTISI berfokus pada kegiatan untuk memajukan pendidikan nasional namun pemanfaatan official site APTISI selama ini masih dirasakan kurang optimal dalam mendukung kegiatan APTISI. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan suatu proses pendaftaran dengan cara mengakses official site APTISI yang telah difasilitasi oleh formulir online dan payment midtrans untuk melakukan transaksi pendanaan anggota yang dapat dilakukan dimana dan kapan saja selama terkoneksi dengan internet tanpa terbatas ruang dan waktu, sehingga pendaftar dapat melakukan dengan mudah dan cepat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode analisa, terdiri dari SWOT, elisitasi, Flowchart, UML, dan Hipo. Hasil yang didapat dari hasil implementasi sistem pendaftaran APTISI ini dapat digunakan tanpa perlu login email terlebih dahulu, pendaftar hanya perlu menyelesaikan tahapan maka akan mendapatkan email notifikasi data setelah melakukan transaksi pendanaan dan submit form update data anggota pendaftar akan mendapatkan konfirmasi berupa pendaftaran berhasil serta mendapatkan official email APTISI.</p> <p><br> Kata kunci : Official site, APTISI, Pendaftaran, Midtrans payment</p> 2019-02-12T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/684 EXECUTIVE INFORMATION SYSTEM (EIS) KINERJA STUDY KASUS : CABIN BASE MAINTENANCE PT. GMF AEROASIA TBK. 2019-02-12T03:07:48-05:00 Anita B Wandanaya anita@raharja.info Dedy Iskandar iskandar@raharja.info Gofar Ariansah gofar@raharja.info <p>Menjadi perusahaan dengan tingkat produktivitas yang tinggi merupakan tujuan semua<br>perusahaan. Jika perusahaan atau organisasi memiliki produktivitas yang tinggi maka perusahaan<br>atau organisasi tersebut bisa disebut perusahaan yang maju. PT GMF AeroAsia adalah salah satu<br>yang selalu berusaha meningkatkan produktivitasnya. PT GMF AeroAsia adalah perusahaan yang<br>bergerak dibidang perawatan pesawat terbang atau dikenal dengan istilah Maintenance Repair<br>and Overhoul (MRO). PT GMF AeroAsia selalu berusaha meningkatkan kinerjanya melalui<br>peningkatan manhours productivity. Jika manhours produktivity meningkat setiap tahunnya maka<br>pendapatan atau revenue perusahaan dapat bertambah pula, dengan demikian perusahaan akan<br>maju dan berkembang hingga dapat sejajar dengan perusahaan Maintenance Repair and Overhoul<br>(MRO) top ten (10) dunia sebagaimana visi PT GMF AeroAsia yaitu menjadi top ten MRO in the<br>World. Oleh karena itu akan dilakukan penelitian dengan melakukan analisa terhadap kinerja<br>melalui manhours productivity pada setiap maintenance project yang ada di base maintenance<br>khususnya di cabin base maintenance. Dalam penelitian ini akan didesain dan diusulkan sistem<br>informasin eksekutif atau executive information system (EIS) berupa dashboard untuk para decision<br>maker seperti manager, general manager dan vice presiden. Tujuannya adalah sebagai sumber<br>informasi untuk mengidentifikasi, mengontrol kinerja serta dapat membantu dan mendukung<br>sebagai sumber informasi para pimpina n dalam memutuskan keputusan-keputusan yang bijak dan<br>strategis terhadap kinerja, khususnya kinerja unit cabin base maintenance di PT GMF AeroAsia.</p> <p>Kata kunci : Executive Information System (EIS), Kinerja, Manhours productivity, Dashboard,<br>Decision Support System (DSS), MRO, WordClass MR.</p> 2019-02-12T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/685 IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING TECHNOLOGY UNTUK SMK PGRI 2 TANGERANG BERBASIS GAFE (GOOGLE APPS FOR EDUCATION) 2019-02-12T03:15:57-05:00 Ari Asmawati ariasmawati@raharja.info Ria Dwi I’zzaty ria.dwi@raharja.info Tasya Oktavianti tasya.oktavianti@raharja.info <p>Perkembangan teknologi yang begitu sangat cepat, mengharuskan setiap individu maupun pihak<br>institusi mengikutinya. Seperti penggunaan clud computing yang penggunaannya saat ini sudah<br>sangat luas. Di dalam dunia pendidikan, penggunaan cloud computing ini sangat bermanfaat<br>untuk guru dan siswa dalam hal pembelajaran dikelas maupun di luar kelas. Apliakasi Gafe<br>yang tersimpan dalam cloud menyediakan banyak pilihan aplikasi office , chat dan lain lain,.<br>Sistem ini akan coba diterapkan di SMK PGRI 2 Tangerang yang saat ini masih menggunakan<br>sistem manual. System ini memungkinkan antara guru dan siswa saling berkomunikasi dan<br>saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya</p> <p>Kata Kunci : Cloud computing, GAfE, Pendidikan, Software as a Service (SaaS).</p> <p>&nbsp;</p> 2019-02-12T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/686 SYSTEM APLIKASI PENANGANAN MASALAH LABORATORIUM PERGURUAN TINGGI RAHARJA 2019-02-12T03:21:30-05:00 Fredy Susanto fredy@raharja.info Tito Herdiansah tito@raharja.info Muhammad Romadhon romadhon@raharja.info <p>Cukup banyak pengguna komputer yang kurang memiliki pengetahuan yang memadai terhadap<br>penanganan kerusakan hardware mengakibatkan komputer atau suatu institusi yang<br>mengeluarkan dana yang tidak sedikit hanya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada<br>hardware komputer. Oleh karena itu aplikasi sistem monitoring kerusakan pada komputer Lab<br>Perguruan Tinggi Raharja ini dibuat untuk membantu memantau pengguna komputer tersebut<br>dalam melakukan pendeteksian kerusakan pada hardware komputer yang beserta solusi untuk<br>mengatasi kerusakan itu. Dengan adanya permasalah dalam kerusakan komputer Lab di<br>Perguruan Tinggi Raharja setiap Laboratorium terdiri dari 5 Laboratorium masing-masing<br>komputer Laboratorium setiap kelasnya ada 30 unit komputer dan total keseluruhan komputer<br>Laboratorium ada 150 unit komputer. Sistem yang berjalan saat ini masih menggunakan sistem<br>pemeriksaan manual dengan menggunakan media ceklist kerusakan komputer Laboratorim.<br>Untuk itu dalam meningkatkan pelayanan maintenance di Lab sebaiknya harus dikembangkan<br>sebuah sistem aplikasi yang mendukung dalam ketepatan dan keakuratan dalam maintenance<br>Lab sehingga dapat membantu teknisi dalam monitoring lab baik software maupun Hardware. <br>Kata Kunci : Monitoring, Maintenance komputer, Aplikasi komputer</p> 2019-02-12T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/687 PROTOTYPE ALAT PEMILAH HASIL PRODUKSI OLI OTOMATIS BERDASARKAN KODE WARNA MENGGUNAKAN SENSOR TCS 230 2019-02-12T03:28:40-05:00 Diah Aryani diah.aryani@raharja.info Endang Sunandar endang.sunandar@raharja.info Fajar Ramadhan ajar.ramadhan@raharja.info <p>Peran teknologi yang berkembang sangat pesat mempengaruhi berbagai ranah termasuk ranah<br>dunia industri perusahaan dalam memenuhi tuntutan industri semakin meningkat. Sehingga <br>diperlukan kecepatan, ketepatan, serta keakuratan dalam proses pemilahan, dengan kemajuan<br>teknologi informasi saat ini. Pada PT Agheo Langgeng Chemindo untuk proses pemilahan hasil<br>produksi oli masih manual, yaitu dengan memindahkan kotak kardus hasil produksi ke tempat<br>penyimpanan menggunakan tenaga manusia dan mengangkatnya satu per satu yang cukup<br>menguras tenaga. Sehingga pemilahan secara manual kurang efisien, maka kemajuan teknologi<br>sangat dibutuhkan agar dapat menghemat waktu dan tenaga, serta memberikan keuntungan yang<br>lebih untuk industri tersebut. Maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode<br>perancangan hardware dan software yang bertujuan untuk membuat Alat Pemilah Hasil Produksi<br>Oli Berdasarkan Kode Warna, alat ini menggunakan NodeMCU ESP8226 sebagai mikrokontroler,<br>sensor warna tcs 230 sebagai pembaca kode warna dan menggunakan motor servo sebagai<br>pemisah, sebagai hasil penelitian ini diharapkan mampu membantu para pengguna atau pemilik<br>perusahaan untuk mempermudah proses pemilahan yang lebih efisien dan dapat memberikan<br>keuntungan sesuai tujuan industri.</p> <p>Kata Kunci: Mikrokontroler, NodeMCU ESP8266, TCS230.</p> <p>&nbsp;</p> 2019-02-12T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/688 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) SEBAGAI MEDIA INFORMASI PRAKERIN BERBASIS WEB DI SMKN 6 TANGERANG SELATAN 2019-02-12T04:05:37-05:00 Chaidir Kurnia Thoullah chaidir.soedaryono@raharja.info Agnia Bilqisti agnia@raharja.info Dhimas Alifiyanto dhimas.alifiyanto@raharja.info <p>raktek Kerja Industri atau biasa disebut PRAKERIN merupakan kegiatan yang wajib <br>diikuti oleh setiap siswa - siswi SMK semasa sekolah sebagai bentuk dari pengimplementasian ilmu <br>ataupun sebagai penambah wawasan tentang dunia kerja yang akan mereka hadapi kedepannya.<br>Akan tetapi kendala yang sering dihadapi oleh siswa yaitu dalam pencarian lokasi perusahaan Praktek<br>Kerja industri. Dari gambaran masalah tersebut maka diperlukan adanya suatu sistem informasi <br>geografis (SIG) berbasis web yang menyediakan informasi mengenai lokasi perusahaan di Kota<br>Tangerang. Dalam pencarian lokasi tentu membutuhkan letak atau suatu posisi yang dikenal sebagai<br>informasi geografis. Informasi geografis yang paling banyak digunakan masyarakat pada saat ini yaitu<br>aplikasi Google Maps. Untuk mengatasi kendala yang disebutkan diatas maka penulis menggunakan<br>Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Thread) untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi<br>secara lebih terperinci. Untuk membuat model atau rancangan dari sistem maka penulis menggunakan<br>UML (Unified Modelling Languange) sebagai alat bantu atau tools. dan sumber data yang digunakan<br>dalam penelitian ini yaitu Peta Kota yang diperoleh dari Google Maps API dan data lokasi perusahaan<br>yang di peroleh dari SMKN 6 Tangerang Selatan yang telah bekerja sama dengan pihak perusahaan .<br>Dari sistem yang dibuat, penulis berharap siswa dapat dengan mudah mengakses lokasi perusahaan<br>tempat praktek kerja industri. <br>Kata Kunci : Praktek Kerja Industri , PRAKERIN, Sistem Informasi Geografis (SIG), Siswa, Perusahaan, <br>Analisa SWOT, Google Maps API</p> 2019-02-12T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/689 APLIKASI PELAYANAN PENGADUAN MAINTENANCE DIVISI TEKNIK BERBASIS ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA 2019-02-12T04:08:47-05:00 Aris Aris aris@raharja.info Maryanih Maryanih maryanih@raharja.info Syinthia Ricka Arrianti syinthia@raharja.info <p>Pengembangan Sistem Pelayanan untuk bagian Teknik berupa Sistem Aplikasi Maintenance<br>Request, yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan hanya kepada manajemen yaitu staf.<br>Kepuasan pelanggan merupakan evaluasi spesifik terhadap keseluruhan pelayanan<br>yang diberikan oleh bagian teknik, sehingga kepuasan pengguna jasa di divisi teknik hanya <br>dapat dinilai berdasarkan pengalaman yang pernah dialami saat proses pemberian pelayanan.<br>Kepuasan pelanggan terutama dibidang jasa maintenance menjadi keharusan agar pelayanan<br>di kembangkan lebih luas untuk Dosen dan mahasiswa. Dengan adanya pengembangan sistem<br>aplikasi maintenance request dari website di rubah menjadi mobile, yaitu berbasis Android<br>yang dapat memudahkan user dapat melakukan keluhan dengan smartphone berbasis android,<br>sehingga sangat membantu bagian teknik untuk menampung semua keluhan user. Aplikasi<br>Maintenance Request berbasis Android ini dapat melaporakan secara cepat setiap request<br>maintenance yang masuk dari user ke petugas teknik ,sehingga mendapat respon yang lebih<br>efektif dan secara efesien dalam mengukur tingkat waktu penyeleseain dalam maintenance. <br>Kata kunci: Aplikasi, Mobile ,Android, Maintenance request</p> 2019-02-12T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/690 SISTEM INFORMASI PROFIL MAHASISWA PADA PENILAIAN PENGUJI PESSTA+ DI PERGURUAN TINGGI 2019-02-14T20:33:47-05:00 Hani Dewi Ariessanti hani.dewi@raharja.info Aris Martono aris.martono@raharja.info Danang Suprayogi danang.suprayogi@raharja.info <p>Penyampaian informasi merupakan sebuah hal yang penting pada sebuah sistem. Sebuah<br>sistem yang baik yaitu dapat berkomunikasi kepada penggunanya dengan menyampaikan<br>informasi dengan benar dan jelas. Pada sistem penilaian penguji yang terdapat di Perguruan<br>Tinggi Raharja sebelumnya sistem masih kurang memberikan informasi perihal profil dari<br>mahasiswa sidang Skripsi dan Tugas Akhir. Penyampaian informasi yang kurang tersebut<br>dirasa kurang membuat sistem yang telah berjalan sebelumnya tidak dapat berkomunikasi<br>kepada penggunanya. Maka dari itu perlu dikembangkanlah sistem informasi profil mahasiswa<br>supaya dapat berkomunikasi kepada penggunanya dengan jelas. Setelah sistem penilaian<br>penguji yang sudah dikembangkan menjadi online maka sistem informasi profil mahasiswa juga<br>dikembangkan menjadi online dengan menambahkan beberapa informasi yang dapat membuat<br>sistem menjadi lebih berkomunikasi kepada penggunanya. Penelitian untuk mengembangkan<br>sistem informasi profil mahasiswa pada penilaian penguji sidang menggunakan metode<br>penelitian observasi, wawancara dan studi pustaka. Peneliti melakukan observasi dengan<br>melihat kekurangan sistem, lalu melakukan wawancara kepada stakeholder, selanjutnya<br>peneliti mencari penelitian serupa guna untuk memecahkan permasalahan yang telah didapat.<br>Diharapkan setelah diterapkan pada sistem Penilaian Penguji penyampaian informasi perihal<br>profil mahasiswa sidang Skripsi dan Tugas Akhir dapat lebih baik dan lebih jelas. Karena<br>informasi mengenai profil mahasiswa sangatlah penting bagi penguji dalam memberikan nilai<br>sidang kepada mahasiswa sidang Skripsi dan Tugas Akhir.<br>Kata Kunci—Informasi, Profil Mahasiswa, PESSTA+</p> 2019-02-12T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/691 MODEL SISTEM INFORMASI PEMBUKUAN UNTUK MONITORING TRANSAKSI KOPERASI DALAM MENDUKUNG PERHITUNGAN SISA HASIL USAHA 2019-02-12T04:15:53-05:00 Deden Roni Nurjaman deden.roni@raharja.info Turki Salim turki@raharja.info Risma Damayanti risma@raharja.info <p>Koperasi berfungsi untuk membangun dan mengembangkan potensi kemampuan ekonomi<br>anggota untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial. Koperasi didirikan bertujuan<br>untuk mewujudkan kesejahteraan anggota pada khususunya dan masyarakat pada umumnya<br>serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat<br>yang maju, adil dan makmur yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.<br>Koperasi menyelenggarakan beberapa jenis usaha seperti simpan pinjam, warung serba ada<br>dan perdagangan umum. Dalam menjalankan usaha tersebut koperasi melakukan pembukuan<br>untuk mengetahui laba/rugi koperasi serta besaran sisa hasil usaha yang adil dan sebanding<br>dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota. Dalam proses pembukuan tersebut sering<br>terjadi beberapa permasalahan seperti, tidak tercatatnya dengan baik setiap transaksi yang<br>kecil dan rutin, adanya kesalahan perhitungan yang disebabkan human error, lambatnya proses<br>perhitungan sisa hasil usaha yang menyebabkan tertundanya pembuatan laporan. Untuk<br>mengatasi hal ini perlu dirancang suatu model sistem informasi pembukuan dalam bentuk use<br>case diagram sebagai model rancangan dan class diagram sebagai model database serta<br>aplikasi sistem sebagai bentuk implementasi, sehingga hal ini mampu menciptakan suatu sistem<br>informasi pembukuan untuk monitoring transaksi koperasi dalam mendukung perhitungan sisa<br>hasil usaha secara efektif, efisien, cepat dan akurat. <br>Kata kunci : monitoring transaksi, pembukuan koperasi, sisa hasil usaha</p> 2019-02-12T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cerita/article/view/692 PROTOTIPE APLIKASI PENYIRAMAN TANAMAN MENGGUNAKAN SENSOR KELEMBABAN TANAH BERBASIS MICRO CONTOLLER ATMEGA 328 2019-02-12T04:18:30-05:00 Rudi Budi Agung none@none.com Muhammad Nur none@none.com Didi Sukayadi none@none.com <p>Negara Indonesia yang terkenal dengan iklim tropisnya saat ini telah mengalami pergeseran<br>waktu dua musim (musim kemarau dan musim hujan). Hal ini berdampak pada sistem tanam<br>maupun panen di kalangan para petani. Dalam sekala besar hal ini sangat berpengaruh sekali<br>mengingat petani di Indonesia masih bergantung pada curah hujan yang berakibat pada<br>kelembaban tanah. Beberapa jenis tanaman yang sangat bergantung pada kelembaban tanah akan<br>sangat membutuhkan curah hujan atau air untuk tumbuh kembang. Melalui penelitian ini, peneliti<br>mencoba membuat prototype aplikasi penyiraman tanaman menggunakan sensor kelembaban<br>tanah berbasis microcontroller ATMEGA 328. Pengembangan sistem aplikasi menggunakan<br>metode Prototipe sebagai metode sederhana yang merupakan langkah awal dan dapat<br>dikembangkan lagi untuk sekala besar. Prinsip kerja Prototipe ini secara sederhana adalah ketika<br>kelembaban tanah mencapai ambang batas tertentu (diatas 56%) maka sistem akan bekerja dengan<br>mengaktifkan sistem penyiraman, jika dibawah 56% maka sistem tidak bekerja atau dengan kata<br>lain kelembaban tanah masih dianggap cukup untuk kebutuhan tanaman tertentu.</p> <p>Kata Kunci : Prototipe, kelembaban tanah, microcontroller.</p> 2019-02-12T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement##