HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII KOMPUTERISASI AKUNTANSI AMIK RAHARJA INFORMATIKA

  • Po. Abas Sunarya AMIK Raharja
  • Al-Bahra bin Ladjamudin STMIK Raharja
  • Ignatius Joko Dewanto STMIK Raharja
Keywords: Manajemen Waktu, Prestasi Belajar, Mahasiswa, Kepribadian

Abstract

Manajemen waktu adalah suatu teknik pengembangan kepribadian yang mengajarkan mahasiswa cara yang efektif untuk menggunakan waktu dan memformatnya untuk kebutuhan. Dalam manajemen waktu, mahasiswa dilatih untuk mengelola waktu secara efisien dengan
membuat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan waktu agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan, yang dimulai dari penyusunan jadwal kegiatan, skala prioritas, perkiraan waktu untuk suatu kegiatan, sampai evaluasi terhadap penerapan jadwal kegiatan
yang telah dibuat, sehingga setiap waktu yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara produktif. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi AMIK Raharja Informatika. Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang menggunakan metode survai dengan pendekatancross sectional. Data yang digunakan adalah data primer dengan instrumen penelitian berupa angket dan data sekunder tentang prestasi belajar mahasiswa
yang dilihat dari nilai indeks prestasi mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari 37 responden yang diteliti 51,4% responden mempunyai manajemen waktu yang baik dan prestasi belajar terbanyak antara 3,26-3,50 (70,2%), dan terdapat hubungan yang bermakna antara manajemen waktu dengan prestasi belajar mahasiswa.

References

[1.] Azwar, Azrul.1996. Menjaga Mutu Pelayanan Ilmu Komputer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
[2.] Budihardjo. 2001. Faktor – faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien peserta wajib PT ASKES yang berobat jalan di Puskesmas seKabupaten Sambas Propinsi Kalimantan Barat tahun 2001. Tesis FKM UI
[3.] Bustami MS, MQIH. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Ilmu Komputer & Akseptabilitasnya. Jakarta: Penerbit Airlangga.
[4.] Depkes RI.1999. Pedoman Kerja Puskesmas. Jilid I. Jakarta: Depkes RI.
[5.] Gaspert Vincent. 1997. Manajemen kualitas dalam meningkatkan industri jasa. Yayasan Indonesia Emas Institut Vincent, Gramedia Jakarta.
[6.] Jacobalis, 1989. Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit (Quality Assurance). PT. Citra Windu Satria Jakarta.
[7.] Kadaryati. 2009. Faktor –faktor pada unit pelayanan kacamata yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan di RS Karya Medika II Tambun Tahun 2009. Tesis Program Pascasarjana Program studi Ilmu Ilmu Komputer Masyarakat Universitas Respati Indonesia.
[8.] Konstantinus Sinulingga.2002. Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Ilmu
Komputer Balai Pengobatan Umum Puskesmas Padang Bulan Medan tahun 2002. Tesis FKM UI
[9.] Kotler, Phillip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prehalindo
[10.] Lameshow, et all. 1997. Besar Sampel Dalam Penelitian Ilmu Komputer. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
[11.] Lizarni. 2000. Faktor – faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh tahun 1999. Tesis FKM UI
[12.] Lumenta, Benyamin. 1989. Pelayanan Medis, Citra Peran dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Kanisius.
[13.] Lumenta, Benyamin. 1989. Dokter, Citra, Peran dan Fungsi: Tinjauan Fenomena Sosial: Penerbit Kanisius.
[14.] Muninjaya, A.A. Gde. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Ilmu Komputer. Jakarta: EGC.
[15.] Naidu, Aditi. 2009. Factors Affecting Patient Satisfaction And Healthcare Quality. International Journal of Health Care Quality Assurance
[16.] Rangkuty, F. 2006. Measuring Customer Satisfication: Gaining Customer Relationship Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[17.] R. Bimo Satrio R. 2003. Faktor – faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan Puskesmas Bantar Gebang Bekasi tahun 2003. Tesis FKM UI.
[18.] Sari Kartika. 2009. Determinan tingkat kepuasan pasien di instalasi radiologi RSUD Ulin Banjarmasin tahun 2009. Tesis Program Pascasarjana Program studi Ilmu Ilmu Komputer Masyarakat Universitas Respati Indonesia.
[19.] Sumantri Arif. 2001. Hubungan antara mutu pelayanan klinik sanitasi puskesmas berdasarkan ISO 9004-2 dengan kepuasan klien di kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Tesis FKM UI
[20.] Sumanto. 1998. Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Poliklinik Umum Pertamina Plaju. Tesis FKM UI
[21.] Supranto, JMA. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
[22.] Tjiptono Fandy. 2003. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset
[23.] Trisjanto. 2002. Hubungan mutu layanan balai pengobatan dengan kepuasan pasien puskesmas kabupaten Lampung Utara Tahun 2002. Tesis FKM UI
[24.] Wijono, Djoko.1999. Manajemen Mutu Pelayanan Ilmu Komputer. Surabaya: Airlangga University Press.
Published
2019-10-31
How to Cite
Sunarya, P., Ladjamudin, A.-B., & Dewanto, I. (2019). HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII KOMPUTERISASI AKUNTANSI AMIK RAHARJA INFORMATIKA. CICES, 3(2), 115-121. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cices/article/view/434
Section
Articles