METODE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) IDU UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MIT PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

Main Article Content

Untung Rahardja
Qurotul Aini
Siti Ria Zuliana

Abstract

Seluruh bidang telah ditunjang dengan teknologi, khususnya dunia pendidikan dalam proses belajar mengajar untuk menentukan mutu dari lulusan sebuah Perguruan Tinggi. Di dalam dunia pendidikan Perguruan Tinggi Raharja telah menerapkan metode pembelajaran iLearning untuk mencapai tujuan pembelajaran. Mahasiswa Pasca Sarjana diberikan pengalaman pembelajaran menggunakan metode iLearning yang proses pembelajaran nya menggunakan media Ten Pillar IT iLearning (TPi). Namun proses pembelajaran tersebut tidak berjalan semestinya dan masih bernuansa serba menggunakan kertas seperti metode pembelajaran pada umumnya, Maka dari itu saat ini untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sangat efektif menerapkan Metode Learning Management System (LMS) menggunakan iDu dimana dapat diakses secara Online kapan saja dan dimana saja dengan Mudah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengukur keberhasilan proses pembelajaran pada kelas Mastering Information Technology (MIT) yang masih menggunakan sistem manual dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei deskriptif korelasional. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini didasari atas hasil survey dalam mahasiswa kelas MIT. Dengan Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa semakin baik tingkat hasil proses pembelajaran menggunakan sistem iDu dimana mahasiswa bisa menyelesaikan pembelajaran dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Dalam jurnal ini. diidentifikasikan ada 3 (tiga) permasalahan yang dihadapi dan solusi yang diberikan adalah dengan memanfaatkan campus Learning Management System (LSM) iDu. Dilakukan 8 (delapan) literature review sebagai bahan pembelajaran Pasca Sarjana. Dan tercatat ada 13 (tiga belas) kelebihan dan 1 (satu) kekurangan dari penelitian ini. Implementasi dilakukan pada matakuliah  Mastering Information Technology (MIT). Dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan dari mahasiswa Pasca Sarjana di Perguruan Tinggi Raharja.

Article Details

How to Cite
Rahardja, U., Aini, Q., & Zuliana, S. (2018). METODE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) IDU UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MIT PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA. CICES, 2(2), 156-172. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cices/article/view/470
Section
Articles

References

[1] Atmoko Nugroho (2012) “Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web (Model Development of Web-Based Distance Learning) Pada Universitas Semarang”.Vol. 9 No.2
[2] Dewi Immaniar Desrianti, Untung Rahardja dan Rahma Rinie (2013) “iLearning Metode Belajar Efektif Untuk Sekolah Tinggi”.
[3] Henderi, Muhamad Yusup dan Yulika Ayu Rantama (2013) “Penggunaan Metode iLearning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi”. CCIT Journal Vol.6 No.3.
[4] Khanna Tiara, Ray Taufik Wijaya, dan Untung Rahardja (2014) “Penerapan Rinfo Sebagai Media Pendukung Untuk Proses Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Raharja”. CCIT Journal Vol.8 No.1.
[5] Maimunah, Kristiana dan Hendra (2010) "Perancangan Aplikasi Forum Diskusi Pada Media E-Learning Berbasis Web Pada Perguruan Tinggi Raharja". CCIT Journal Vol.3 No.2.
[6] Matthew Young Kim, (2011) “Simulation Study of eLearning Classroom using iPads Based on Wireless LAN with IEEE 802.11b Pada Kennesaw State University Kennesaw, GA, USA.”
[7] Meta Amalya Dewi, Dede Cahyadi, Yunita Wulansari (2014) “Sistem Ujian Online Calon Mahasiswa Baru Berbasis iLearning Education Marketing Pada Perguruan Tinggi Raharja”. Vol.8 No.1.
[8] Untung Rahardja, Muhamad Yusup dan Eva Rosyifa (2012) “Perancangan Aplikasi iLearning Majalah Online Dengan Menggunakan iOS Programming Pada Perguruan Tinggi”. Vol.6 No.1.
[9] Untung Rahardja, Muhamad Yusup dan Qurotul Aini (2014) “Aplikasi Campus Learning System iOU (integrated Online Ujian) Dalam Mendukung Kegiatan iLearning Education (iDu) Pada Perguruan Tinggi”. Vol.7 No.3.