PENGARUH KEMAMPUAN OPERASI HITUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Main Article Content

Suwarto Suwarto
Wahyu Hidayat

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahuan sejauh mana kemampuan operasi hitung siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang, sejauh mana kemampuan pemecahan masalah matematika SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang dan pengaruh keampuan operasi hitung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK SMK Negeri 2 Kabupaten Tange


Penelitian ini betujuan untuk mengetahuan sejauh mana kemampuan operasi hitung siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang, sejauh mana kemampuan pemecahan masalah matematika SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang dan pengaruh keampuan operasi hitung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan operasi hitung siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang, berada pada katagori sedang, dengan nilai rerata 54,59 terletak pada rentang 50,17< ≤ 55,83. Kemampuan pemecahan masalah matematika SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang berada pada katagori tinggi, dengan nilai rerata 10  terletak pada rentang 9,58 < ≤ 11,75. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X (kemampan operasi hitung) terhadap variabel terikat Y (kemampuan pemecahan masalah matematika) hal  ini terlihat pada nilai sig table ANOVA sebesar 0,721 lebih besar dari 0,05.


Kata kunci: operasi hitung, pemecahan masalah matematika, sig.


rang. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan operasi hitung siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang, berada pada katagori sedang, dengan nilai rerata 54,59 terletak pada rentang 50,17< ≤ 55,83. Kemampuan pemecahan masalah matematika SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang berada pada katagori tinggi, dengan nilai rerata 10  terletak pada rentang 9,58 < ≤ 11,75. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X (kemampan operasi hitung) terhadap variabel terikat Y (kemampuan pemecahan masalah matematika) hal  ini terlihat pada nilai sig table ANOVA sebesar 0,721 lebih besar dari 0,05.

Article Details

How to Cite
Suwarto, S., & Hidayat, W. (2016). PENGARUH KEMAMPUAN OPERASI HITUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. CICES, 2(2), 195-203. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cices/article/view/474
Section
Articles

References

[1] Campbell, Bruce, Linda Campbell dan Dee Dickinson, “Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences,”. Intuisi Press. Depok, pp.12, April. 2006.
[2] Soehardi, Esensi Perilalu Organisasional. Bagian Penerbit Fakultas Ekonomi Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, pp24, Februari 2003.
[3] Ruseffendi, E.T. Pengantar Kepada Membantu Guru mengembangkan kompetensinya Dalam pengajaran Matamatika. Tarsito, Bandung, pp12, Maret 1988.
[4] Djaali. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta, pp20, September 2008.
[5] Hasibuan, J.J., dan Moedjiono. Proses Belajar Mengajar. Remadja,Bandung. pp36.
[6] Meier, Dave. The Accelerated Learning Hand Book. Kaifa, Bandung, pp 65. Maret. 2002.
[7] Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar. Bumi Aksara, Jakarta, pp54, Januari. 2008.
[8] Sutrisno Hadi,.Statistik Jilid 2. Andi Yogyakarta, Yogyakarta, pp 80, Oktober. 2000
[9] Sudijono, Anas.. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Grafindo Persada, Jakarta, pp102, Maret, 2006
[10] S.Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Reneka Cipta, Jakarta, pp 100, April.2007.
[11] Suharsimi Arikunto. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta, pp76. September. 2009.
[12] Sudjana. Metoda Statistika. Penerbit Tarsito, Bandung, pp67, Oktober.2005

Most read articles by the same author(s)