PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR

Main Article Content

Arsi Yulianjani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran  terhadap hasil belajar bahasa Inggris, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris, dan untuk mengetahui pengaruh metide pembelajaran dan Motivasi  secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel sebanyak 80 siswa dipilih secara random dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Analisis data menggunakan statistika deskriptif, koefisien korelasi ganda Pearson, koefisien determinasi korelasi dan analisa regresi. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji F. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2015 sampai Juni 2015. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Metode Pembelajaran (X1) dan Motivasi (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Inggris (Y )siswa siswi di SMK Negeri Tangerang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai F0 = 4,219 dan Sig. = 0,000 < 0,05. (2)Terdapat pengaruh yang signifikan Metode Pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa siswi di SMK Negeri di Tangerang.Hal ini dibuktikan dengan perolehan Fo = 28,581 dan Sig. = 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa siswi di SMK Negeri di Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Fo = 44,095 dan sig. = 0,000 < 0,05

Article Details

How to Cite
Yulianjani, A. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR. CICES, 3(2), 122-135. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cices/article/view/493
Section
Articles

References

[1] Arikunto Suharsini, Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1996
[2] Abu Ahmadi, Psikologi Belajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2004
[3] Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta, 1995
[4] Ainurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung, Alfa Beta, 2009
[5] Aqib, Zainal, Professionalisme Guru dalam Pembelajaran, Jakarta Insan Cendikia, 200
[6] Hamzzah B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta, Bumi Aksara, 2007
[7] Mustaji Sugiarto, Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik, Universitas Surabaya, 2005
[8] Mohamad Nazir, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, 1999
[9] Margono S, Metodologi Pendidikan, Rineka Cipta, 2004
[10] Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal, Delia Press, 2006
[11] Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, 2005
[12] Purwanto Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung, Remaja Rosda Karya, 1990
[13] Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2000
[14] Sudijono Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta, Rajawali Press 1995
[15] Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alpa Beta, 2006
[16] Santosa Murwani, Penelitian di Perguruan Tinggi, UHAMKA, 2006
[17] Oemanto Wasty, Psikologi Pendidikan Landasan Keja Pemipin Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 1998
[18] Sudikan Seta Yuwono, Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Sastra, Surabaya, Unesa, 2004
[19] Sujana Nana, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT Remaja Rosda Karya, 1989
[20] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Alfabeta 2008
[21] Sumarna Surapranata, Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interprestasi Hasil Tes, bandung, PT Remaja Rosda Karya, 1990
[22] Udin S. Winata Putra, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Depdikbud, 1993
[23] Unindra, Buku Panduan Penulisan Tesis Program Pasca Sarjana, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Unindra 2013
[24] Winkel WS. Psikologi Pengajaran, Jakarta, Grasindo, 1991
[25] Wina Sanjaya, Strategi Pembelajara, 1995
[26] Winarno Surachmad, Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung, Cemara, 1996