PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN

Main Article Content

Mulyati Mulyati
Nurlaila Suci Rahayu Rais
Hasanah Hasanah

Abstract

Kunci utama keberhasilan pembangunan nasional Indonesia adalah terciptanya kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah harus menciptakan efektivitas dalam proses kegiatannya salah satunya melalui pembinaan pegawainya. Dari hasil pengamatan masih terdapat pegawai datang yang tidak tepat waktu, masih terdapat penyelesaian pekerjaan yang tidak sesuai target yang telah ditetapkan dalam program kerja karena kurang efektifnya pekerjaan pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti masalah efektivitas  kerja pegawai yang dipengaruhi oleh motivasi dan disiplin yang ditunjukkan oleh pelaksanaan kerja yang baik, sikap kerja, dan tingkat keahlian pegawai pada kantor Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, sampel penelitian sejumlah 35 orang diambil dengan  cara random sampling. Jenis data yang dipergunakan terdiri dari data primer dan sekunder, dengan alat pengumpulan data studi pustaka, observasi, wawancara, angket (kuesioner).  Data dianalisis menggunakan metode  analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Untuk analisis statistik ini menggunakan bantuan komputer dengan Sofware Statistical Program for Sosial Sciences (SPSS) Release 20.0. Berdasarkan pada tabel One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test dapat dijelaskan data variabel  disiplin (X1), motivasi (X2), dan kinerja (Y) dapat dikatakan normal. Uji heterokedastisitas dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi heterokedastisitas pada model regresi. Uji multikolinieritas disimpulkan bahwa ada multikolinieritas antara variabel bebas dalam model regresi. Karena semua variabel mempunyai nilai tolerance > 0,10 dan  nilai VIF < 10, dengan demikian sesuai dengan asumsi. Hasil  penelitian  ini  dapat disimpulkan: ada pengaruh nyata (signifikan) antara motivasi terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Kecamatan Ciputat  Kota Tangerang. Hal ini dilelaskan dari hasil persamaan  Ŷ = 24,610 + 0,237 X1 dan Uji signifikan koefisien korelasi diperoleh thitung >  ttabel (2,593 > 2,036). (2) Ada pengaruh nyata (signifikan) antara disiplin terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Kecamatan Ciputat Kota Tangerang. Hal ini dilelaskan dari hasil persamaan Ŷ = 24,610 + 0,497 X2 dan Uji signifikan koefisien korelasi diperoleh thitung >  ttabel (6,596 > 2,036). (3) Ada pengaruh nyata (signifikan) antara motivasi dan disiplin secara bersama-sama terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Kecamatan Ciputat Kota Tangerang. Hal ini dilelaskan dari hasil persamaan Ŷ = 24,610 + 0,237 X1 + 0,497 X2 dan Uji signifikan koefisien korelasi diperoleh Fhitung > Ftabel  (22,553 > 3,30).

Article Details

How to Cite
Mulyati, M., Rahayu Rais, N., & Hasanah, H. (2017). PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN. CICES, 3(2), 199-230. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cices/article/view/499
Section
Articles

References

[1] Afifuddin. 2014. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
[2] Asmiarsih T. 2006. “Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Brebes”. Skripsi. Semarang : Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.
[3] Badrudin. 2014. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
[4] Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Yogyakarta: BPFE.
[5] Handoko, T. Hani. 2002. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.
[6] Hasibuan, Malayu S. P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi Bumi Aksara. Jakarta
[7] Jawwad. 2011. Perilaku dalam Organisasi. Erlangga. Jakarta.
[8] Mangkunegara, Anwar Prabu A. A. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. cetakan pertama. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
[9] Munir. A.S.2012. Kepemimpinan Kerja. Bina Aksara. Jakarta.
[10] Nitisemito, Alex S. 2008. Manejemen Personalia. Ghalia Indonesia. Jakarta.
[11] Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
[12] Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
[13] Siagian, SP. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Bumi Aksara.
[14] Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.
[15] Steers, Richard M,. Terj: Magdalena Jamin. 2012. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.
[16] Suharsimi, Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
[17] Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
[18] Veithzal Rivai. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Jakarta: Rajagrafindo persada.