PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ILEARNING PADA KELAS INDEPENDENT STUDY TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN

Main Article Content

Ageng Setiani Rafika
Erick Febriyanto
Fikrah Syafa’ah

Abstract

Perguruan Tinggi Raharja merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menerapkan suatu metode pembelajaran yang cukup berbeda yaitu tidak hanya mengandalkan sistem pembelajaran konvensional dimana KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dilakukan dengan cara Mahasiswa dan Dosen diharuskan bertatap muka secara langsung, melainkan juga menerapkan metode pembelajaran secara e-learning atau lebih dikenal dengan sistem pembelajaran iLearning Education di Perguruan Tinggi Raharja. Pada penerapannya digunakan beberapa perangkat yang mendukung sistem pembelajaran tersebut mulai dari iDu (iLearning Education) sebagai media interaksi Mahasiswa dan Dosen dan juga Penggunaan iLearning Media (iMe) sebagai media yang menampung aktivitas kegiatan pembelajaran melalui metode iLearning Education. Kemudian selama berjalannya metode ini beberapa pertanyaan muncul tentang seberapa validkah sistem tersebut terhadap kualitas penilaian dan efektivitas metode pembelajaran dimana dari hal ini dirasa perlu untuk diterapkan suatu alat ukur yang dapat mengukur validitas sistem terhadap kualitas dan efektivitas metode pembelajaran di Perguruan Tinggi Raharja khususnya pada kelas Independent Study IL101A dan IL101C. Dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey penelitian dilakukan dimana dari survey yang dilakukan didapati sebuah pemecahan masalah yaitu pengadaan suatu alat ukur yang nantinya dapat menampilkan data-data historis dengan beberapa kategori tertentu dari segi efektivitas pembelajaran dapat dibuktikan secara empiris melalui data-data yang akurat

Article Details

How to Cite
Rafika, A., Febriyanto, E., & Syafa’ah, F. (2019). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ILEARNING PADA KELAS INDEPENDENT STUDY TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN. CICES, 5(1), 1-14. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cices/article/view/698
Section
Articles

References

[1] Hasibuan, Zainal A, 2007. Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Depok, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.
[2] Rahardja, Untung, Desrianti, Dewi, Immaniar, Mawadah, Siti, 2011. iBooks Standardisation and Good Practice for Effective Education Methods In Support of iLearning. Tangerang, CCIT Journal Vol. 5 STMIK Raharja.
[3] Sudaryono, 2014a. Classroom Action Research. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendekia.
[4] Sudaryono, 2014b. Leadership: Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta Pusat, Lentera Ilmu Cendekia.
[5.] Jacobsen, David A, Eggen, Paul, Kauchak, Donald, 2009. Methods For Teaching: Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA edisi ke-8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[6] Sudaryono, Margono, Gaguk, Rahayu, Wardani, 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.