ANALISA PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR PT. YAMAHA INDONESIA MFG

Main Article Content

Ria Wulandari
M. Ifran Sanni
Dani Ramadhan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan penjualan sepeda motor yang di produksi PT. Yamaha Indonesia MFG dalam kurun waktu 2014-2018. Pada penelitian ini terdapat penurunan keputusan daya minat pembelian konsumen pada produk sepeda motor PT. Yamaha Indonesia MFG sehingga nantinya dapat dianalisa dalam perumusan penulisan ini, bahwa bagaimana konsumen mengambil keputusan pembelian sepeda motor ditengah fenomena persaingan dan rivalitas penjualan yang semakin padat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh motivasi, persepsi kualitas, serta sikap konsumen terhadap keputusan dalam pembelian sepeda motor Yamaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta kualitatif. Adapun responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang yang dapat memenuhi satu sampai lima kriteria terdiri dari; pemrakarsa (initiator), pemberi pengaruh (influencer), pengambilan keputusan (decider), pembelian (buyer), pengguna (user) sepeda motor produksi PT. Yamaha Indonesia MFG. Terdapat 3 hipotesis yang diformulasikan dan diuji menggunakan metode Analisis Regresi. Dalam analisis kualitatif didapat dari interpretasi pengolahan data dengan memberikan keterangan serta penjelasan. Dalam hasil penelitian ini menunjukkan hasil dari Motivasi, Persepsi Kualitas, serta Sikap Konsumen mempunyai hubungan yang terdampak signifikan terhadap Keputusan dalam Pembelian.

Article Details

How to Cite
Wulandari, R., Sanni, M., & Ramadhan, D. (2019). ANALISA PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR PT. YAMAHA INDONESIA MFG. CICES, 5(2), 188-203. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cices/article/view/868
Section
Articles

References

[1] Durianto, Darmadi, et al. 2014. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset
Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

[2] Engel, James F, et al. 2014. Perilaku Konsumen, Edisi Terbaru. Jakarta: Binarupa Akasara.

[3] Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

[4] Kotler, Phillip. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium, Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

[5] Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk. 2014. Consumer Behavior, 7th Edition. Upper Saddle River. New Jersey: Prentice Hall Inc.

[6] Simamora, Henry. 2014. Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

[7] Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

[8] Sugiono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabet.

[9] Tjiptono, Fandy. 2013. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

[10] Sendy Zul Frindi, 2018. ANALISA PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS DAN PRODUKTIVITAS PADA SEKTOR PERBANKAN SYARIAH INDONESIA CABANG KOTA TANGERANG