Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat, karunia dan lindungan-NYA, sehingga Jurnal CICES untuk Volume 5 Nomor 2 Bulan Agustus 2019 dapat diterbitkan tepat waktu.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) akan berbanding lurus dengan perubahan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya (IPOLEKSOSBUD), serta iman dan taqwa (IMTAQ) di tengah masyarakat. Artinya semakin cepat perkembangan dan perubahan IPTEK, maka kita harus segera mengantisipasi percepatan perubahan IPOLEKSOSBUD dan IMTAQ yang akan terjadi.

Berangkat dari pemikiran tersebut, maka Universitas Raharja berupaya sedini mungkin untuk mengantisipasi kondisi di atas dengan menerbitkan jurnal ilmiah CICES sebagai pendamping jurnal ilmiah CCIT dan ICIT yang selalu mengikuti perkembangan IPTEK. Jurnal ilmiah ini juga akan menjadi media publikasi ringkasan hasil penelitian antar disiplin ilmu, dan multidisiplin ilmu para civitas akademika Universitas Raharja, maupun Universitas lainnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Universitas Raharja juga selalu berupaya untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerja ilmiah para civitas akademika-nya melalui publikasi ringkasan hasil penelitian yang tertuang dalam bentuk tulisan, seperti yang diterbitkan dalam terbitan perdana kali ini. Tulisan-tulisan yang kami tampilkan berupa studi literatur juga ringkasan hasil penelitian di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Segenap pimpinan Universitas Raharja, beserta dewan redaksi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan para penyumbang tulisan dari institusi lain yang turut berpartisipasi dalam penulisan dan penerbitan jurnal ilmiah ini.

Tak lupa pula pada kesempatan ini kami mengundang pembaca untuk mengirimkan naskah ringkasan penelitiannya ke redaksi kami, serta besar harapan kami para pembaca jurnal ilmiah ini dapat memberikan koreksi dan kritik kepada redaksi sehingga jurnal ilmiah yang kita cintai ini akan menjadi lebih baik lagi pada edisi-edisi yang akan datang.

 Tangerang, Agustus 2019

      Pimpinan Redaksi

Published: 2019-11-04