DESAIN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK MENGGUNAKAN KONSEP E-COMMERCE PADA CV. INDONESIA ELEKTRONIK

Main Article Content

Aris Aris Lilis Wulandari Rizki Regina Ulfauziah

Abstract

Media informasi merupakan sarana penting dalam penyampaian informasi dalam berbagai ruang lingkup kegiatan. Semakin berkembangnya media dalam penyampaian informasi maka semakin cepat dan akuratnya informasi yang diterima dan menjadi lebih baik pemahaman dalam sebuah informasi. Kesalahan dalam memahami sebuah informasi akan banyak menyababkan banyak salah penafsiran, sehingga informasi tersebut tidak dapat menjadi landasan dalam mengambil sebuah tindakan atau sebuah keputusan. Pada CV.Indonesia Elektronik dibutuhkan suatu perancangan sistem yang dapat memudahkan dalam memberikan suatu informasi. Karena masih terbatasnya sistem komputerisasi yang digunakan pada CV.Indonesia Elektronik tersebut. Dalam pendataan penjualan yang dilakukan oleh CV.Indonesia Elektronik telah menggunakan komputer namun masih menggunakan aplikasi Microsoft Word, dan Microsoft Excel akan tetapi penggunaan aplikasi tersebut belum dilakukan secara optimal. Penulisan ini menggunakan metode analisa berorientasi objek dengan tujuan melakukan perancangan sistem yang berjalan pada CV.Indonesia Elektronik. Untuk itu di buat sebuah website yang memiliki tampilan menarik serta menu dan aplikasi yang mudah dimengerti baik oleh konsumen.Untuk membuat katalog produk elektronik secara online yang memiliki informasi lengkap didalamnya dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi oleh customer dalam pemesanan produk yang diinginkan. Dan Untuk memudahkan konsumen dalam mencari informasi mengenai toko elektronik online serta memungkinkan pihak perusahaan melakukan brand building untuk produknya secara lebih cepat dan luas. Dengan Metode perancangan Framework e-Commerce yaitu  B2B dan B2C Business-to-business-to-consumer  (B2B2C) dan pengembangan aplikasi sistem yang diusulkan menggunakan metode perancangan Unified Modelling Language (UML) dengan menggunakan alat bantu (tools) berupa Visual Paradigm for 6.4 Enterprise Edition, untuk pembuatan sistem ini menggunakan Macromedia Dreamweaver sebagai penulisan listing program php dan mysql sebagai databasenya, Hasil dari penulisan ini berupa rancangan sistem berbasis web ini yang dapat memberikan manfaat yang positif bagi CV.Indonesia Elektronik. CV.Indonesia Elektronik bisa bersaing dengan perusahaan elektronik lainya yang bergerak pada penjualan online.


Kata Kunci : Sistem Informasi, E-Commerce, Komputerisasi

Article Details

How to Cite
Aris, A., Wulandari, L., & Ulfauziah, R. (2016). DESAIN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK MENGGUNAKAN KONSEP E-COMMERCE PADA CV. INDONESIA ELEKTRONIK. ICIT Journal, 2(1), 47-58. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v2i1.18
Section
Articles

References

[1] Loudon, “Strategi E-Commerce Dalam Dunia Bisnis”, Yudistira.Bandung, 2011
[2] Juanda. Panduan menjadi Entrepreneur secara E-Commerce.Yudistira Jakarta,2014
[3] Mulyanto. Agus.. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009
[4] Nugroho. Adi.. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Yogyakarta: Andi Offset. 2009
[5] Woro Widya . “Pemodelan Perancangan Sistem Penjualan”. Grasindo, Jakarta. 2008.
[6] Kadir. Abdul.. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. 2009
[7] Yulia Ningsih “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BAJU BATIK BERBASIS WEB (ONLINE SHOPPING) PADA CV. SELARAS BATIK” Tangerang. Widuri TA, 2014
[8] Aris dkk,” DESAIN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN SECARA ONLINE PADA PT.ULTINET INDONESIA.” Yogyakatra,SEMNASTEKNOMEDIA .2016
[9] Mahmudi “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web Pada Toko One Cell” TEKNOKRAT.BANDAR LAMPUNG 2013