PENERAPAN PHP DAN MYSQL UNTUK MERANCANG SIM PENJUALAN BERBASIS WEB PADA PD BABY2GO

Main Article Content

Gunawan Putrodjojo Putu Handy Arjana Edward Edward

Abstract

 Perkembangan teknologi informasi (TI) yang semakin meluas membuat suatu perusahaan dituntut untuk menerapkan TI  di berbagai aspek jika perusahaan tidak ingin tertinggal, tak terkecuali untuk PD. Baby2Go yang telah menerapkan penggunaan  TI  dengan memanfaatkan media sosial sebagai jalur bisnisnya. Meskipun telah menggunakan TI, dalam penerapannya masih terdapat masalah seperti sistem penjualan yang dikelola oleh divisi pemasaran saat ini membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatan daftar pemesanan dan laporan penjualan, serta sulit mendapatkan laporan penjualan berdasarkan pengelompokan yang diinginkan oleh manajer seperti penjualan pada periode tertentu, ataupun penjualan berdasarkan pada data produk dan pelanggan. Selain itu, sistem yang berjalan saat ini tidak menjamin keamanan data yang disimpan. Informasi penjualan ini sangat berguna bagi manajer dalam membuat kebijakan-kebijakan demi kelangsungan hidup perusahaan.


Untuk mengatasi masalah ini, dibuatlah sebuah SIM Penjualan atau sistem informasi penjualan berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, untuk metode analisis menggunakan pendekatan analisis berorientasi objek dengan alat bantu UML (Unified Modelling Language), dan metode perancangan menggunakan SDLC (System Development Life Cylce). Sistem ini dapat menarik data penjualan yang disaring berdasarkan periode penjualan, nomor pemesanan, data produk, dan data pelanggan secara cepat.


Dengan dibuatnya SIM Penjualan  ini, manfaat yang didapat adalah tersedianya informasi penjualan yang tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan manajer, serta memiliki keamanan data.


Kata Kunci: Sistem Informasi Penjualan, UML, SDLC, PHP, MySQL.

Article Details

How to Cite
Putrodjojo, G., Arjana, P., & Edward, E. (2016). PENERAPAN PHP DAN MYSQL UNTUK MERANCANG SIM PENJUALAN BERBASIS WEB PADA PD BABY2GO. ICIT Journal, 2(1), 68-79. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v2i1.21
Section
Articles

References

[1] Adi., N., (2010). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek, Edisi resmi, Informatika, Bandung.
[2] Esa, W., E., (2014), Perancangan Sistim Informasi Absesnsi Pegawai pada Kantor Kecamatan Batuceper Tangerang berbasis web.
[3] Foni, A., S., (2-12), Pemrograman Internet, ed. 1, Graha Ilmu, Yogjakarta,.
[4] Irwan, I., (2012) Reengineering Sistem Informasi, ed. 1, Graha Ilmu, Yojakarta.
[5] Mulyadi, (2008), Sistem Akutansi, ed. 3, Salemba empat.
[6] Murhada dan Yo, C., G,. (2011), Pengantar Teknologi Informasi, Mitra Wacana Media, Jakarta.
[7] Rudyanto, A., (2012), Pemrograman web dinamis menggunakan PHP & Mysql, C.V. Andi offset, Yogjakarta.
[8] Semiawan, (2010), Metode Penelitian Kualitatif, Grasindo, Jakarta.
[9] Siti, A dan Nawang, K., (2011), Perancangan Aplikasi Akademik Teknologi Mobile menggunakan J2Me, Jurnal CCIT Vol. 4- no. 2, Januari 2011.
[10] Sucipto, (2011), Konsep dan Teknik Pengembangan Sistem berbasis Teknologi Informasi, Dinas Pendidikan Propinsi Banten.
[11] Sulistiyowati, I.. (2010), Pengaruh Profitabilitas Leverage dan Growth terhadap Kebijakan Deviden dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel interveningf, Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.
[12] Sutarman, (2012), Komponen Sistem Informasi, Andi Offset, Yogjakarta.
[13] Tata, S., (2012) Konsep Sistem Informasi, C.V. Andi Offset, Yogjakarta.
[14] Tatik, S., (2013), Perilaku Konsumen di Era Internet, ed. 1, Graha Ilmu, Yogjakarta.
[15] Verdi, Y., (2012) Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Pemodelan Arsitektur dan Perancangan, Mitra Wacana Media, Jakarta.
[16] Yuhefixar, (2012), Cara mudah & Murah membangun & Mengelola wesite, ed. 1, Graha Ilmu, Yogjakarta.