PENGONTROLAN BUKA TUTUP ATAP DAN BLOWER OTOMATIS UNTUK JEMURAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Asep Saefullah Dewi Immaniar Desrianti Mohamad Reza Kurniawan

Abstract

Tujuan penelitian untuk memberikan nilai efisiensi terhadap kinerja dalam buka tutup atap dan blower pada jemuran pakaian yang ditunjukan kepada CV.Trideko Interior dan Eksterior adalah sebuah badan usaha yang bergerak dalam bidang interior dan eksterior design. Metodelogi yang digunakan adalah dalam menentukan permasalahan dipergunakan metode perancangan, metode prototype, dan metode testing. Untuk mengumpulkan data-data primer digunakan metode observasi dan wawancara. Dan untuk mendapatkan data-data sekunder digunakan metode pustaka terkait dengan teori-teori dasar untuk memperkuat dasar teoritis yang dipergunakan. Adapun dalam menghasilkan sebuah sistem alat kontrol buka tutup atap dan blower menggunakan metode perancangan flowchart. Manfaat penelitian secara khusus ditunjukan kepada CV.Trideko Interior dan Eksterior. Secara umum dari sistem alat kontrol yang di hasilkan bermanfaat terhadap kalagan masyarakat luas. Terhadap kinerja buka tutup atap dan blower untuk jemuran pakaian.


 


Kata kunci : kontrol, jemuran dan android

Article Details

How to Cite
Saefullah, A., Desrianti, D., & Kurniawan, M. (2016). PENGONTROLAN BUKA TUTUP ATAP DAN BLOWER OTOMATIS UNTUK JEMURAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO BERBASIS ANDROID. ICIT Journal, 2(2), 99-108. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v2i2.22
Section
Articles

References

[1] Muntheda,Chandra G. Dan Mangina. 2013. “Rancang Bangun Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Sensor Dan Kipas Angin Berbasis Mikrokontroler Atmega8535”.Politeknik Negeri Medan. Medan (31 Agustus)
[2] Anas, Ridwan. 2010."Rancang Bangun Prototipe Buka Tutup Atap Otomatis Untuk Pengeringan Proses Produksi Berbasis Mikrokontroler AT89S51”.Universitas Dipenegoro. Semarang.
[3] Nurhadi, Ma’ful Wahyu. Dan Paulinus Yunawan Widiantoro. 2010."Jemuran Pakaian Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Cahaya (Ldr) Dan Sensor Hujan".STMIK Amikom Yogyakarta
[4] Juliansyah, Reza Amzu. 2014. Sistem kontrol robot pemindah barang menggunakan aplikasi android berbasis arduino uno” Jurusan Sistem Komputer, SKRIPSI, STMIK Raharja.
[5] Fakhrizal, deinsyah. 2014. “prototype weather station berbasis arduino yun.” Jurusan Sistem Komputer, SKRIPSI, STMIK Raharja.