APLIKASI DIGITAL LIBRARY PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BANTEN JAYA

Main Article Content

Ma’sum Ma’sum Arfan Mujahid Lubis Fauzan Noval Putra

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sarana yang tepat dalam mencari berbagai data dan informasi. Dalam perpustakaan dapat di temukan berbagai informasi yang penting mulai dari buku anak hingga buku yang dibutuhkan oleh orang dewasa dari berbagai profesi. Perpustakaan Universitas Banten Jaya merupakan lembaga yang bertugas menyediakan data dan informasi dari berbagai sumber bagi para civitas akademik Universitas Banten Jaya. Namun data dan informasi yang banyak menimbulkan beberapa masalah bila tidak mendapat penanganan yang tepat, seperti kurangnya fasilitas penunjang seperti rak buku, ruangan dan kebutuhan pengguna perpustakaan dalam mencari referensi yang dibutuhkan. Perancangan sistem menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama merupakan tahap perencanaan dimana penulis mendapatkan persetujuan dari pihak manajemen untuk penerapan sistem. Tahap kedua adalah tahap pengembangan sistem informasi yang secara garis besar terdiri enam langkah yaitu survei, analisa, desain, pembuatan, implementasi, pemeliharaan. Dengan menggunakan Digital Library dapat mengurangi terjadinya kerusakan, kehilangan buku, mempermudah pengguna perpustakaan dan menghemat penggunaan ruangan. Dengan diterapkan Aplikasi Digital Library diharapkan dapat menunjang perpustakaan dan membantu para pengguna perpustakaan dalam mencari informasi yang dibutuhkan lebih cepat.


Keyword : Rancangan Sistem, Aplikasi Digital Library.

Article Details

How to Cite
Ma’sum, M., Lubis, A., & Putra, F. (2016). APLIKASI DIGITAL LIBRARY PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BANTEN JAYA. ICIT Journal, 2(2), 127-142. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v2i2.24
Section
Articles

References

[1] Griffin, An Architecture for Collaborative Math and Science Digital Libraries , MS thesis (Virginia Tech Department of Computer Science, Blacksburg, VA, 1999).
[2] Jogiyanto, 2004, Analisa dan Desain Sistem Informasi Perpustakaan terstruktur Cetakan Ke Tiga, Yogykarta : Andi Offset.
[3] Lasa HS, 2005, ManajemenPerpustakaan..Yogyakarta : Gama Media.
[4] P. Sumardji, 1991,Perpustakaan Organisasi dan Tatakerjanya, (Yogyakarta: Kanisi us,).
[5] Robiansyah, Eru.2010. Analisa Sistem Infromasi Perpustakaan Banten Jaya. Serang: Unbaja.
[6] Sismanto. 2008. Manajemen Perpustakaan Digital.
[7] Subrata, Gatot. 2009. Perpustakaan Digital. Malang: Penerbit UNM.
[8] Sulistiyo-Basuki, 2004, Pengantar Dokumentasi. Rekayasa Sains. Jakarta: Gramedia.
[9] Sulistiyo-Basuki, 1991, Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia.
[10]Unbaja,2012, Buku Pedoman Akademik Tahun Akademik 2012/2013.
[11]Wahyudi, Kumoroto, dan Subandono Agus Margono, 1999. Sistem Informasi Manajemen Dalam Organisasi-organisasi Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
[12] http://id.wikipedia.org/wiki/Buku_elektronik, 19/12/2013.
[13] http://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan_digital, 03/12/2013.
[14] http://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan, 04, April, 2013.
[15] http://www.pu.go.id, 23/12/2008.