HOME APPLIANCES CONTROLING WITH MOBILE DEVICE BASED ON ANDROID OPERATING SYSTEM

Main Article Content

Padeli Padeli
Sudaryono Sudaryono
Nursohit Nursohit

Abstract

Pengendalian peralatan listrik rumah tangga secara manual menyebabkan penggunaan tidak terkontrol dengan baik, apalagi jika pengontrolan yang harus dilakukan harus pada ruang yang berbeda dan lampu listrik yang dikontrol secara manual. Untuk menghemat waktu dan mengurangi resiko lupa mematikan lampu maka dibuatlah sistem pengontrolan menggunakan smartphone Operating Sistem Android karena mudah digunakan dan dapat dibawa kemana-mana. Operating Sistem open source milik google, yang diberi nama ANDROID sebagai alat pengontrolan dari jarak jauh (remote) dengan memanfaatkan jaringan internet nirkabel (wireless internet). Untuk mengontrol sebuah perangkat listrik rumah tangga diperlukan sebuah IP sebagai identitas dari perangkat tersebut, untuk itu perlu ditanamkan sebuah TCP/IP sebagai media penyimpanan IP. Selain itu TCP/IP Starter Kit juga berfungsi sebagai penghubung antara smartphone dengan perangkat yang akan menerjemahkan perintah yang dikirimkan oleh smartphone untuk dieksekusi mikrokontroler ATMega328. Mikrokontroller berperan sebagai otak bagi device hardware. Antara smartphone dan perangkat, masing – masing diberikan alamat identitas berupa IP Address, Subnet Mask dan Gateway sehingga keduanya dapat saling berkomunikasi. Pada penelitian menggunakan metode perancangan yang digambarkan dalam sebuah flowchart, kemudian pada metode pengujian menggunakan metode pengujian black box. Sistem untuk mengontrol lampu hanya menekan button yang ada pada layer android dan ketika berhasil maka akan tampil ON/OFF pada layer tersebut.

Article Details

How to Cite
Padeli, P., Sudaryono, S., & Nursohit, N. (2018). HOME APPLIANCES CONTROLING WITH MOBILE DEVICE BASED ON ANDROID OPERATING SYSTEM. ICIT Journal, 4(1), 95 - 105. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/435
Section
Articles

References

[1] Syahid. 2012. “Rancang Bangun Robot Beroda Berbasis Android Menggunakan Komunikasi USB”. ISSN : 2252-4908 Vol. 1 No. 2 Agustus 2012 : 33-42.

[2] Abdus Salam, Mukhidin, Tasma Sucita. 2012. “Rancang Bangun Sistem Jaringan Multidrop Menggunakan Rs485 Pada Aplikasi Pengontrolan Alat Penerangan Kamar Hotel”. ELECTRANS, VOL.11, NO.2, SEPTEMBER 2012 , 1 – 11.

[3] Adelia dan Jimmy Setiawan. 2011. “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Reservasi Hotel berbasisi Website dan Desktop”. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 6, No.2, September 2011.

[4] Budiman. 2012. "Pengujian Perangkat Lunak dengan Metode Black Box Pada Proses Pra Registrasi User Via Website”, Makalah, halaman: 4.

[5] Ahmad Hanafie, Dimyati Thomsun, A. Wahyuni, Hikmah. 2009. “DESAIN SIMULASI SISTEM PENGONTROLAN LAMPU RUANGAN DENGAN PERSONAL KOMPUTER MELALUI PARALLEL PORT”. ILTEK, volume 4, Nomor 7, April 2009.