SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN STUDI KASUS : PT. ASIA DWI MITRA INDUSTRI

Main Article Content

Atik Makrifah Wahyu Prasetyo Nia Kusniawati

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan karyawan merupakan suatu sistem yang mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen, meningkatkan kecepatan dan validitas pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kegiatan operasional, dan meningkatkan kualitas SDM calon karyawan. Karyawan
merupakan sumber daya yang paling penting dalam perusahaan. Karyawan yang baik dan memenuhi standar kualifikasi diperoleh melalui upaya rekrutmen yang efektif. Seleksi karyawan dilakukan untuk mendapatkan kualitas sumber daya manusia yang baik dan paling sesuai dengan persyaratan yang diperlukan oleh perusahaa. Paper ini membahas sistem penunjang keputusan penerimaan karyawan dan penempatan karyawan pada departemen yang tersedia  berdasarkan nilai hasil seleksi dan kriteria -kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode Fuzzy Logic. Metode ini dipilih karena mampu memberikan gambaran pendukung keputusan dalam penerimaan karyawan dan penempatan departemennya. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat membantu bagian bidang administrasi dan keuangan untuk memberikan gambaran dalam melakukan penyeleksian penerimaan karyawan dan penempatan departemennya dengan lebih tepat dan efisien.


Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi Karyawan, Fuzzy Logic

Article Details

How to Cite
Makrifah, A., Prasetyo, W., & Kusniawati, N. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN STUDI KASUS : PT. ASIA DWI MITRA INDUSTRI. ICIT Journal, 1(1), 7-15. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v1i1.5
Section
Articles

References

1. Fathansyah (2007), Basis Data, Informatika, Bandung.
2. Kusumadewi, Sri. 2002. Analisis & Desain Sistem Fuzzy menggunakan ToolBox Matlab. Edisi Pertama. Cetakan pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.
3. Kusumadewi, Sri. Purnomo, Hari. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
4. McLeod, Jr, Raymond. 2001. Sistem Informasi Manajemen. Jiild 1. Edisi ke-7. Prenhallindo. Jakarta
5. Gatewood, RD dan H.S. Field. 2001. Human Resource Selection,Thomson Learning.
6. Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Graha Ilmu.
7. Bernaridho I. Hutabarat.2004.Pengelolaan Basis Data.Yogyakarta :Andi Offset Pressman, Roger S. (2002), Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku 1, Andi Offset, Yogyakarta.
8. Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep,Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik, Graha Ilmu, Yogyakarta.
9. Turban, Efraim, Jay E.Aronson, dan Ting Peng Liang, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) edisi ketujuh jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.
10. Zadeh, Lotfi A and Kaupryzk, 1992, Fuzzy Logic for the management of uncertainty, John Willey, New York.