PROBLEM-BASED LEARNING MATA KULIAH BUSINESS INTELLIGENCE PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

Main Article Content

Padeli Padeli
Aris Martono
Aji Kuspriambodo

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan khususnya spesialisasi dibidang bisnis, ekonomi, teknologi informasi dan yang lainnya, mengharuskan setiap tenaga pendidik dan yang dididik harus memiliki jiwa dinamis dan sensitif terhadap perubahan ekonomi dan teknologi yang saat ini sedang banyak dihadapi, yang diketahui banyak dihadapi oleh orang-orang yang menekuni business intelligence (BI). Sehingga dibutuhkan pemahaman lebih mengenai teori, konsep, dan keadaan langsung dilapangan yang nantinya siap dipakai oleh lulusan yang mendalami BI (business intelligence), sehingga tidak terpaku hanya sebatas pemahaman materi, tapi juga contoh kasusnya. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang menjadikan minat para peserta didik terhadap BI lebih baik sehingga menumbuhkan kemauan mereka dalam menempuh pendidikan ini dan meningkatkan nalar mereka dalam memecahkan studi kasus dalam BI, yaitu dengan menggunakan metode permasalahan sehari-hari, yang didapat dari Problem-Based Learning (PBL) dan Puzzle-Based Learning. Diharapkan dengan menggunakan metode ini peserta didik lebih banyak menyerap materi, teknik dan lebih tertarik terhadap kasus-kasus BI yang terjadi di dunia yang sebenarnya serta mampu untuk berfikir out of the box, secara tidak langsung. Sehingga peserta didik memahami lebih mendalam masalah pada BI baik dalam konteks BI ataupun dalam penerapannya dalam pengambilan keputusan atau perencanaan perancangan model BI itu sendiri sebagai sasaran akhir pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Padeli, P., Martono, A., & Kuspriambodo, A. (2016). PROBLEM-BASED LEARNING MATA KULIAH BUSINESS INTELLIGENCE PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA. ICIT Journal, 2(1), 29-38. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/509
Section
Articles

References

Agustin, Nurul Vivin. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL), http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee.Semarang: Universitas Negeri Semarang, Indonesia. 2013.
[2] Imelda, S.T, M.T. Business Intelligence, Majalah Ilmiah UNIKOM volume 11 No 1. Indonesia: Prodi Sistem Informasi, FTIK, UNIKOM.
[3] Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)[online]. 2014.
[4] Martono, Strategi Pembelajaran (Pengantar Kajian Pembelajaran Efektif). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. FKIP, Untan.
[5] Michalewicz, Zbigniew and Michalewicz, Matthew. Puzzle-Based Learning, Melbourne: AaaE Conference. 2007.
[6] Pallenari, Muhidin. Potensi Strategi Integrasi PBL Dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa.Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Biologi Edukasi Volume 3 No 2, Desember 2011. Makassar: Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, Indonesia.
[7] Presthus, Wanda and Bygstad, Bendik.Business Intelligence in College: A Teaching Case with Real Life Puzzles, Journal of Information Technology Education: Innovations in Practise, Oslo: Norwegian School of IT. 2012.
[8] Problem-Based Learning (online), Stanford University Newsletter on teaching vol 11 No 1. Stanford University. 2011.
[9] Ranjan, Jayanthi. Business Intelligence: Concepts, Components, Techniques, and Benefits. Journal of Theorical and Applied Information Technology. India: Institute of Management Technology. 2008.
[10] Y, Leonardus Pandu baskoro, Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Komputer (KK6) di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. 2013.
[11] http://www.slideshare.net/BaiduIndonesia/q2-2015-indonesia-mobile-data-report-based-on-mobomarket-user-data-research di akses pada tanggal 26 Oktober 2015.