OPTIMALISASI DREAM INNOVATION DAY SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PENILAIAN RAHARJA CAREER

Main Article Content

Khanna Tiara
Desy Apriani
Julipah Al Munawaroh

Abstract

Pada sistem perkuliahan, sidang komprehensif merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa dalam sebuah perguruan tinggi untuk menunjang kelulusan saat tugas akhir. Dikalangan mahasiswa PO (Penilaian Objektif) sidang komprehensif adalah media pendukung bagi mahasiswa untuk nilai prestasi dalam upaya meningkatkan potensi diri dan ilmu yang di ampuh. Hal ini menjadi dasar pemikiran bahwa dibutuhkan media untuk penilaian dapat diimplementasikan dengan akurat. Dalam PO sidang komprehensif penelitian harus memudahkan dan menghimpun akan adanya media penilaian prestasi bagi mahasiswa. Untuk terealisasikan hal ini, pada Perguruan Tinggi Raharja saat ini dalam memanfaatkan sistem DID (Dream Innovation Day) sebagai media pendukung Raharja Career berbasis iMe (iLearning Media) yang dapat diakses secara online. Pada penelitian menggunakan metode mind mapping dan analisa SWOT. Pada saat mahasiswa ikut serta dalam Raharja Career mahasiswa tidak perlu menghimpun data secara manual cukup dengan melakukan request author dan memiliki email Rinfo, maka mahasiswa sudah bisa membuat dokumentasi Raharja Career sesuai syarat dan ketentuan yang ada. Setelah membuat maka link dokumentasi dapat di konfirmasi kepada Admin DID untuk di input ke dalam daftar dokumentasi Raharja Career dengan status layak dan masuk dalam penilaian Raharja Career. Hadirnya sistem ini pada Raharja Career diharapkan agar mahasiswa dapat mengerjakan dokumentasi Raharja Career dengan mudah dan dosen pengajar dapat melakukan PO mahasiswa melalui pengerjaan tugas ini kapan saja dan dimana saja karena dapat diakses secara online dan tersentralisasi.

Article Details

How to Cite
Tiara, K., Apriani, D., & Munawaroh, J. (2018). OPTIMALISASI DREAM INNOVATION DAY SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PENILAIAN RAHARJA CAREER. ICIT Journal, 3(1), 74 - 90. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/561
Section
Articles

References

[1] Untung Rahardja, Sudaryonoi, Irwan Nurdin. 2014 "Implementasi iMe (iLearning Media) Dalam Mendukung Sistem Pembelajaran iLearning Pada Perguruan Tinggi". Tangerang: Jurnal Perguruan Tinggi Raharja (2014).

[2] Al Fatta, Hanif. "Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Ujian Tugas Skripsi (Studi Kasus Pada Stmik Amikom Yogyakarta)". Yogyakarta: Jurnal STMIK AMIKOM 10 (2009).

[3] Asfi, Marsani, dkk. "Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus: STMIK CIC Cirebon)". Jurnal Informatika 6.2 (2012): p. 131-144.

[4] Rahmadi, Ridho. "Studi Komparatif Penggunaan Open Source Content Management System Joomla dan Drupal Untuk Pembuatan Website". Jurnal Generic 5.1 (2013).

[5] Noviyanti, Mery. "Pengaruh Motivasi dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Tutorial Online Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Matakuliah Statistika Pendidikan". Jurnal Pendidikan 12.2 (2013): 80-88.

[6] Ependi, Usman. "Pengembangan Website Alumni Registration Berbasis Mobile Pada Universitas Bina Darma Palembang." Semnasteknomedia Online 1.1 (2013): 27-1.

[7] Zarnelly, Della Adelia. "Rancang Bangun Media Pelayanan Umum Desk Info Berbasis Web (Studi Kasus: Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru." Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi 1.2 (2015): 55-59.

[8] Iswahyudi, Catur. "Prototype aplikasi untuk mengukur kematangan buah apel berdasar kemiripan warna." Jurnal Teknologi 3.2 (2010): 107-112.

[9] DID (Deam Innovation Day), iMe berjudul "Syarat dan Ketentuan Dokumentasi Raharja Career" Di akses pada 08 Juni 2016 dari http://did.ilearning.me/2016/06/syarat-dan-ketentuan-dokumentasi-raharja-career/

[10] Sanca, Widya, and Filia Chairinna. "Strategi Media Penyelenggaraan Acara Seni dan Desain di Tiga Perguruan Tinggi." SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain-Fakultas Sastra UM 2014.2014 (2014).

[11] Surat Keputusan Perguruan Tinggi Raharja. iMe berjudul "1869/SK-PENETAPAN/PT/IX/2015 Tentang Persyaratan Untuk Mendapatkan Validasi Objek Penelitian Tugas Akhir, Skripsi, Thesis Dan Pelaksanaan Sidang Komprehensif" Diakses pada 16 juni 2016 dari http://skptr.ilearning.me/2015/11/03/1869sk-penetapanptix2015-tentang-persyaratan-untuk-mendapatkan-validasi-objek-penelitian-tugas-akhir-skripsi-thesis-dan-pelaksanaan-sidang-komprehensif/