APLIKASI INTERACTIVE LEARNING UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS BUAH-BUAHAN BAGI ANAK-ANAK DENGAN PIRANTI MOBILE SMARTPHONE

Main Article Content

Aris Martono
Arsi Yulianjani
Wahyu Hidayat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi interactive learning untuk belajar bahasa Inggris buah-buahan bagi anak-anak dengan piranti mobile smartphone. Kemajuan peralatan teknologi saat ini semakin memudahkan manusia untuk menggunakan dan mengakses semua bentuk informasi, tidak hanya orang dewasa saja tetapi juga anak-anak. Anak-anak ini  semakin mahir menggunakan piranti mobile smartphone. Namun kemudahan penggunaan piranti mobile  ini membuat kekhawatiran  bagi  orang tua yang mempunyai anak berumur di bawah 5 tahun. Dikhawatirkan mereka dapat mengakses hal-hal yang belum pantas untuk perkembangan mental. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey, analisis dan desain. Penggunaan Adobe Animate CC2018 untuk pembuatan animasi dan Adobe Photoshop CC2018 untuk pembuatan gambar dan karakter. Langkah berikutnya yaitu pembuatan rancangan storyboard, dan rancangan environment serta  rancangan menu aplikasi interactive learning bahasa Inggris buah-buahan yang diimplementasikan ke piranti mobile smartphone. Aplikasi ini dapat menumbuhkan minat bagi anak-anak untuk belajar bahasa Inggris buah-buahan dan dapat mengurangi kekhawatiran orang tua.

Article Details

How to Cite
Martono, A., Yulianjani, A., & Hidayat, W. (2018). APLIKASI INTERACTIVE LEARNING UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS BUAH-BUAHAN BAGI ANAK-ANAK DENGAN PIRANTI MOBILE SMARTPHONE. ICIT Journal, 4(2), 147 - 155. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/562
Section
Articles

References

1. Asropudin, Pipin., 2013, Kamus Teknologi Informasi Komunikasi, Titian Ilmu, Bandung, ISBN: 978970272927.
2. Safaat, Nazruddin., 2012, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika, Bandung.
3. Turban, Efraim., 2012, Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective, Global Edition, Pearson 7th-Global Edition, Paperback, ISBN13: 9780273761341, ISBN10: 027376134X.
4. Seok Kang, 2014, Factors Influencing Intention of Mobile Application Use, International Journal Mobile Communication, Vol.12, No.4, January 2014.
5. Asep Saefullah, Dewi Immaniar dan Reza Amar Juliansah, 2015, Sistem Kontrol Robot Pemindah Barang Menggunakan Aplikasi Android Berbasis Arduino Uno, Jurnal CCIT, Vol. 8, No.2, STMIK Raharja, Tangerang.
6. Kurniawan Teguh Martono dan Oky Dwi Nurhayati, 2014, Implementation of Android Based Mobile Learning Application As A Flexible Learning Media, Internasional Journal of Computer Science, Vol.11, Issues 3 No. 1, May.