MEDIA ANIMASI INTERAKTIF UNTUK ANAK USIA DINI PADA RA YASIR TANGERANG

Main Article Content

Sudaryono Sudaryono
Dewi Immaniar Desrianti
Shohifa Nadia Maulida

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk pendidikan yang mengarahkan pada tumbuh kembang anak. Pada anak usia dini, anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi.Media pembelajaran merupakan media pendukung dalam proses belajar mengajar. Seiring dengan berkembangnya teknologi, multimedia dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dan dalam pembelajarannya akan lebih menarik minat siswa dalam memberikan pemahaman materi yang mudah karena penyajiannya yang interaktif. Dengan adanya multimedia interaktif ini juga dapat memperkenalkan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi pada siswa dengan melalui aplikasi pembelajaran berbasis multimedia.Perancangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi ini menggunakan animasi hewan.Perancangan media animasi interaktif ini menggunakan softwareAdobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Adobe Flash.Yang menjadi tujuan penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan diantaranya konsep, pengumpulan data, perancangan, dan pengujian.Selain untuk merancang aplikasi, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kelayakan aplikasi sebagai media pembelajaran. Hasil media animasi interaktif berbasis aplikasi ini telah dilaksanakan pada proses belajar mengajar di RA YASIR Tangerang. Dengan adanya media animasi interaktif sebagai media pembelajaran ini siswa dapat mengenali hewan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Sudaryono, S., Desrianti, D., & Maulida, S. (2018). MEDIA ANIMASI INTERAKTIF UNTUK ANAK USIA DINI PADA RA YASIR TANGERANG. ICIT Journal, 4(2), 168 - 179. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/585
Section
Articles

References

[1] Latif, Mukhtar, Zukhairina, Rita Zubaidah, dan Muhammad Afandi. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
[2] Jones, Anna Hendri Soleliza. 2016. Pembelajaran Berbasis Multimedia Pengenalan Binatang Dan Alat Transportasi Untuk Anak Usia Dini 2-3 Tahun. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Teknologi, Volume 9 Nomor 1.
[3] Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember : Cerdas Ulet Kreatif.
[4] Oka, Gede Putu Arya. 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
[5] Darmawan, Deni, Pipih Setiawati, Didi Supriadie dan Muthia Alinawati. 2017. Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis English Simple Sentences Pada Mata Kuliah Basic Writing Di STKIP Garut.Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia, Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.15 No.1 : 634
[6] Dewi, Surya, A. Khumaidi, 2017. Pengenalan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak (Tk) Harapan Kita Kec. Pugung Menggunakan Aplikasi Multimedia Macromedia Flash.Konferensi Mahasiswa Sistem Informasi, Vol. 5, No.1 2017. Lampung: STMIK Pringsewu Lampung.
[7] Rudianto, Budi Bayu Aji, Rahmi Aulia Nurdini Dan Fadilah, 2018.Perancangan Animasi Multimedia Iklan Layanan Masyarakat Tentang Proses Pembuatan E-KTP.Pekanbaru : Jurnal Akrab Juara Volume 3 Nomor 1 Edisi Februari 2018 (31-38).
[8] Lukito, Hadi Wijaya, Kristo Radion Purba dan Henry Novianus Palit. 2015. Pembuatan Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Kelas 1-2 SD Menggunakan Flash.Surabaya: Universitas Kristen Petra. Jurnal Infra, Vol. 3, No. 1.
[9] Abdurahman, Hasan, dan Asep Ririh Riswaya. 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bakti. Bandung: STMIK Mardira Indonesia. Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 8, No. 2, Desember 2014, 61-69.
[10] Azmi, Abigail. 2018. Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Penunjang Media Pembelajaran Pada Yayasan Miftahul Ulum Teluknaga Tangerang.Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja
[11] Jones, Anna Hendri Soleliza. 2016. Pembelajaran Berbasis Multimedia Pengenalan Binatang Dan Alat Transportasi Untuk Anak Usia Dini 2-3 Tahun. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Teknologi, Volume 9 Nomor 1.
[12] Pujawan, Kadek Agus Hendra. 2017. Developing Interactive Multimedia In Animation Key To Improve The Spirit Of Student Learning Vocational High School. Buleleng: UNDIKSHA. Journal of Education Research and Evaluation.Vol.1 (1) pp. 15-22.
[13] Roza, Yenita, Putri Yuanita, Sehatta Saragih, Hadiyanta Alfajri, dan Andespa Saputra. 2017. Computer-Based Media for Learning Geometry at Mathematics Class of Secondary Schools. Riau: University of Riau, Journal of Educational Sciences. Vol. 1, No. 1, 2017, 79-91, ISSN 2581-1657.
[14] Efendi, Jonaedi dan Johnny Ibrahim. 2018. Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. Depok: Prenamedia Group.
[15] Sukamto, Rosa Ariani dan Mutia Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Tersturktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.