PENGARUH BUSINESS INTELLIGENCE TERHADAP DUNIA BISNIS

Main Article Content

Citra Berliani Utami Lukman Faruk Ofah Musyarrofah

Abstract

Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis memberikan pengaruh terhadap para pelaku bisnis untuk selalu memperbaharui strategi pemasaran dan penjualannya. Khususnya pada saat sekarang, dimana bisnis dapat dilakukan secara offline dan online. Dan untuk bisnis online, yang sekarang semua pelaku bisnis baik yang sudah lama berkecimpung ataupun yang baru harus selalu memiliki strategi pemasaran dan penjualan terbaru. Berkaitan dengan strategi pemasaran dan penjualan, business intelligence dapat membantu pelaku bisnis online yang termasuk di dalamnya yaitu perusahaan, untuk memperoleh pengetahuan yang jelas tentang faktor – faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Dan setelah mengetahui faktor – faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kinerja, maka hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam mengambil  keputusan dan meningkatkan kekuatan dari usaha yang dikelola. Aplikasi yang ada pada business intelligence dapat dipakai untuk menganalisis konsumen, produk, dan delivery channel yang dipakai. Dengan adanya business intelligence, maka perusahaan dapat mengelola kemudian
mengolah data menjadi informasi sehingga tidak terpaku pada angka – angka saja.
Memahami,meningkatkan kinerja, penganggaran biaya yang lebih efisien, dan mengidentifikasi
peluang bisnis baru merupakan manfaat yang diperoleh ketika perusahaan menerapkan business
intelligence. Penjualan suatu produk tidak hanya ditentukan oleh harga dan kualitas produk saja,
karena ada beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhinya diantaranya adalah karakteristik
pembeli, faktor geografi, dan masih ada faktor lainnya. Karena faktor – faktor tersebut peran dari
business intelligence sangat diperlukan. Dimana pelaku bisnis ataupun perusahaan memerlukan
alat bantu yang salah satunya adalah business intelligence untuk mengolah data untuk menjadi
informasi dari produk yang dijual sehingga nantinya akan dihasilkan keputusan yang akan diambil
oleh pelaku bisnis atau perusahaan tersebut.


Kata Kunci: bisnis, online, perusahaan, business intellige

Article Details

How to Cite
Utami, C., Faruk, L., & Musyarrofah, O. (2015). PENGARUH BUSINESS INTELLIGENCE TERHADAP DUNIA BISNIS. ICIT Journal, 1(1), 16-25. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v1i1.6
Section
Articles