APLIKASI MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ANIMASI CERITA RAKYAT UNTUK ANAK USIA DINI

Main Article Content

Arsi Yulianjani
Aris Martono
Dwika Apriyani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi media interaktif dengan menggunakan animasi cerita rakyat untuk anak usia dini. Media ini dibuat untuk membantu anak usia dini dalam belajar dan menarik minat belajar dengan menggunakan gambar/ animasi. Pengenalan cerita-cerita rakyat pada anak usia dini yang berusia 4- 5 tahun atau sekolah Taman Kanak-kanak (TK) sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak karena cerita rakyat berisi pesan-pesan moral yang bernilai positif dapat membangun kecerdasan emosional anak serta perkembangan karakter dalam proses pembentukan watak anak. Metode perancangan yang digunakan untuk membuat media interaktif dengan animasi cerita rakyat adalah aplikasi program komputer video grafis, diantaranya: Adobe Flash Professional CS6, Adobe Audition CS6 dan CorelDRAW X7. Aplikasi ini diawali dengan tahap-tahap perancangan yaitu: Preproduction, Story board, Script writing, Post Production, Editing, Mixing dan Finishing. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi media interaktif menggunakan animasi cerita rakyat, yang berguna untuk pembelajaran anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Yulianjani, A., Martono, A., & Apriyani, D. (2019). APLIKASI MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ANIMASI CERITA RAKYAT UNTUK ANAK USIA DINI. ICIT Journal, 5(1), 77-93. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/760
Section
Articles

References

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). hal 1, 16.Jakarta: PT. Bumi Aksara
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Wahyuni, Sri, Afina Miftahurrachmah, dan Ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile sebagai Penunjang Informasi dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran pada Hotel Narita Tangerang. SEMNASTEKNOMEDIA Online Vol.5 No.1. Diambil dari: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1639 (26 Maret 2018)
Akbar, Muhammad Rio. 2016. Perancangan Logo Koperasi Alumni SMA 2 Padang Ar’Rozak (KOPASMANDA Ar’Rozak). hal 2. Open Journal System Vol.23 No.2. Diambil dari: http://lppm.upiyptk.ac.id/majalahilmiah/index.php/majalahilmiah/article/view/46 (10 April 2018)

Sunarya, Lusyani, Ogi Dermawan, Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System dan Himbauan sebagai Penunjang Informasi pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Hal 60. Tangerang: Journal SENSI Vol.2 No.1
Anggraini S., Lia dan Kirana Nathalia. 2016. Desain Komunikasi Visual; Dasar-dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia
Enterprise, Jubilee. 2016. Kitab Desain Grafis Komplet untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo
Ahmad, Razan Fakhdary. 2017. Perancangan Promosi Topeng Benjang untuk Remaja Kota Bandung. E-Proceeding of Art & Design Vol.4 No.1. Diambil dari: http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/3087 (26 Maret 2018)
Hendratman, Hendi. 2017. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika Bandung
Desrianti, Dewi Immaniar, Anita B. Wandanaya dan Asih Sumaryani. 2014. Perancangan Media Katalog sebagai Penunjang Informasi dan Promosi pada CV. Zero Store. Tangerang: CCIT Journal Vol.7 No.2
Kurniawan, Angga dan Yudha Anggana Agung. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Ddasar untuk SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol.5 No.3. Diambil dari: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/16817 (10 April 2018)
Sutrisno dan Aziz Ahmadi. 2014. Pembuatan Video Profil Sekolah Dasar Negeri Menadi Kabupaten Pacitan Berbasis Multimedia. Jornal Speed Vol.6 No.2. Diambil dari: http://www.ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1072 (10 April 2018)
Ningsih, Listina Nadhia, Ray Tri Nugroho, I Nyoman Lingga Anjana. 2017. Produksi Program Musik Chamber dalam Bentuk Video Dokumenter pada PT. Mata Air Inspirasi (Swarna FMTV). Tangerang: ICIT Journal Vol.3 No.1
Lasaufa, Elsa, Muhamad Fariz Firmansyah dan Setiawan Dandi. 2017. Video Alat Bantu Cek Proses Produksi di PT. Roda Prima Lancar. Tangerang: ICIT Journal Vol. 3 No.1
Nugroho, Sarwo. 2014. Teknik Dasar Videografi. Yogyakarta: ANDI
Arriesanti, Hani dewi, Muhamad Yusup dan Ceria Marcelina. 2014. Penerapan Multimedia Audio Galery Ilearning Community and Services (MAGICS) sebagai Media Penyimpanan Dokumentasi pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: CCIT Journal Vol.7 No.2

Wandara, Rindu, Syafwandi dan Eliya Pebriyeni. 2017. Perancangan Promosi Pesona Alam Bukit Langkisau West Sumatera Melalui Audio Visual. Jurnal dekave Vol.5 No.2. Diambil dari: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/8368 (11 April 2018)
Purwono, Joni, Sri Yutmini dan Sri Anitah. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.2 No.2. Diambil dari: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3659/0 (11 April 2018)
Fatoni, Ahmad dan Nofi Puspitasari. 2016. Perancangan Simulasi Pengembangan Sistem Programming Penyaluran Dana Zakat di Badan Amil Zakat Kota Serang Berbasis Multimedia. PROSISKO Vol.3 No.2. Diambil dari: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/32 (26 Maret 2018)
Kurniawati, Teti. 2017. Naskah Khutbah Karya Uci Sanusi; Sebuah Edisi Teks dan Kajian Topik. JALADRI Vol.3 No.1. Diambil dari: http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/62 (26 Maret 2018)
Munir, Muhammad. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol.22 No.2. Diambil dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/8926 (26 Maret 2018)
Pribadi, Benny A. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: KENCANA
Soenyoto, Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: Elex Media Komputindo
Bentelu, Alan Stevenres, Steven Sentinuwo dan Oktavian Lantang. 2016. Animasi 3 Dimensi Pencegahan Cyber Crime (Studi Kasus: Kota Manado). E-journal Teknik Informatika Vol.8 No.1. Diambil dari: April 2018)
Ismail, Muhammad. 2017. Aplikasi Komik Interaktif Cerita Rakyat Jambi Berbasis Android. Processor Vol.12 No.2. Diambil dari: http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/318 (5 April 2018)

Ali, Hasbi. 2017. Transformasi Nilai Nilai Kearifan Lokal (Local Genius) dalam Proses Pembelajaran sebagai Upaya Pembentukan Karakter Bangsa pada SMA Se-Kabupaten Simeulue. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/view/11091 (13 Juni 2018)

Septarina, Aprilia Kartini dan Hadi. 2016. Perancangan Board Game Edukasi Pendidikan Moral dengan Menggunakan Tokoh Cerita Rakyat Nusantara Untuk Usia 13-15 Tahun. https://journal.ubm.ac.id/index.php/rupa-rupa/article/view/209 (13 Juni 2018)
Yusuf, Syamsu dan Nani M. Sugandhi. 2016. Perkembangan Peserta Didik. Hal 47-50. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Hompu, Ummi Hidayah La, Muh. Yamin dan La Ode Hasnuddin S. Sagala. Multimedia Pembelajaran Interaktif Makhraj Huruf Hijaiyah, Wudu dan Salat Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android. semanTIK Vol.2 No.2.Hal 103.
Diambil dari: http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/article/view/1657 (12 April 2018)
Fajarianto, Otto dan Radeal Wirawa. Aplikasi Alat Bantu Mengajar Matematika Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Sisfotek Global Vol.3 No.1. Hal 15. Diambil dari: https://stmikglobal.ac.id/journal/index.php/sisfotek/article/view/18 (18 April 2018)
Adrianti, Rina, Siska Komala Sari dan Wahyu Hidayat. 2016. Media Pembelajaran Cara Mudah Belajar Shalat Berbasis Augmented Reality untuk Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar (Studi Kasus SD Ar-Rafi’). Eproceeding of Applied Science Vol.2 No.3. Diambil dari: http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3523 (16 April 2018)
Hendratman, Hendi. 2014. The Magic of CorelDraw. Bandung: Informatika
Muhdaliha, Benny dan Dewa Ray Dharmayana Batuaya. 2017. Film Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Bali I Ceker Cipak. Jurnal Bahasa Rupa Vol.1 No.1. Diambil dari: https://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/143 (10 April 2018)

Jostonchoniv dan Yudhi Windarto. 2013. Pembuatan Film Animasi 3D Cerita Rakyat “The Legend of Toba Lake”. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer Vol.2 No.6. Diambil dari: http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/TIK/article/viewFile/791/756 (10 April 2018)

Kusmayadi, Imam Suyitno dan Maryaeni. 2017. Pengembangan Multimedia Cerita Rakyat sebagai Penumbuhan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.2 No.7. Diambil dari: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9630 (11 April 2018)

Purwanto, Agus dan Yudi Sutanto. 2017. Pembuatan Media Presentasi Animasi Cerita Rakyat untuk Anak Usia Dini dengan Konsep Pemilihan Alternatif Alur Cerita. Jurnal DASI Vol.18 No.3. Diambil dari: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/1933 (11 April 2018)

Ibrahim, Norshahila, Wan Fatimah Wan Ahmad dan A’fza Shafie. 2015. Multimedia Mobile Learning Application for Children’s Education: The Development of Mfolktales. Asian Social Science Journal Vol.11 No.24. Diambil dari: http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ass/article/view/48794 (10 April 2018)