MODEL SISTEM INFORMASI PEMASARAN SEBAGAI PENUNJANG KEPUTUSAN PROMOSI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA MAX -MINER

Main Article Content

Fernando Siboro Capri Eriansyah Muhammad Adi Sofyan

Abstract

Teknologi informasi saat ini terus berkembang semakin cepat, membuat pola berfikir manusia berubah, dengan proses pertumbuhan yang seperti ini, generasi akan datang diharuskan mempunyai keahlian yang lebih baik di bidang pemanfaatan teknologi informasi. Kebutuhan adanya kemudahan dari segi pemasaran, saat ini dirasa sangat penting, terutama bagi perusahaan yang bergerak dibidang penjulan atau distributor guna menunjang meningkatkan akurasi dan kualitas pemasaran itu sendiri. Namun pada kenyataanya, sistem yang berjalan masih tergolong kurang efektif dan efesien dalam melayani kebutuhan pelanggan, hal ini dikarenakan sistem pemasaran produk hanya bisa diakses secara manual, dan belum adanya media informasi seputar produk yang ditawarkan, oleh sebab itu dibuatlah suatu perancangan sistem informasi yang mengatur pemasaran produk dan dapat menjadi bahan dalam pembuatan laporan sistem penunjang keputusan. Dalam perancangan ini menggunakan metode data mining market basket analysis dan Max-Miner sebagai algoritma. Serta menggunakan metode penerapan sistem waterfall atau sering dinamakan siklus hidup klasik (classic life cycle). Dengan demikian rancang bangun sistem informasi ini, mengacu kepada bagaimana cara agar pemasaran produk dapat di akses dengan mudah, cepat, dan akurat dimanapun dan kapanpun, calon customer dapat mengakses tanpa terkendala waktu dan tempat, serta menjadi wadah dalam pengambilan keputusan oleh perusahaan. Metodologi desain menggunakan uml yang melimuti usecase, activity, squence dan untuk pengelolaan basis data menggunakan mysql. Sistem ini diharapkan mampu dijadikan salah satu penunjang keputusan untuk kebutuhan promosi produk. Kata Kunci: Penunjang pemasaran, promosi produk, algoritma Max-Miner

Article Details

How to Cite
Siboro, F., Eriansyah, C., & Sofyan, M. (2020). MODEL SISTEM INFORMASI PEMASARAN SEBAGAI PENUNJANG KEPUTUSAN PROMOSI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA MAX -MINER. ICIT Journal, 6(1), 94-104. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/864
Section
Articles

References

[1] Junaidi, J., Effendy, M. Y., & Hartono, H. (2015). REKAYASA MODEL APLIKASI SISTEM PRODUCT KNOWLADGE UNTUK MENDUKUNG
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN KINERJA KARYAWAN. CERITA Journal, 1(1), 46-55.
[2] Junaidi, J., Sutrisno, S., & Janah, K. (2019). MODEL APLIKASI PURCHASING SYSTEM UNTUK MONITORING STOK DALAM MENGURANGI TINGKAT
KERUGIAN. SENSI Journal, 5(1), 86-98.
[3] Martono, A., & Junaidi, D. Y. IMULATION GAME BASED ON JARIMAGIC METHOD TO CALCULATE MORE QUICKLY FOR ELEMENTARY
STUDENTS.
[4] Junaidi, J., Setianingsih, R., & Khotimah, K. (2015). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Dan Pengeluaran Barang Menggunakan Java Aplikasi. Proceedings
Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I)..
[5] M. Subekti, Warnars Junaidi, H.L.H.S., Y. Heryadi, "The 3 steps of best data warehouse model design with leaning implementation for sales transaction in
franchise restaurant", Cybernetics and Computational Intelligence (CyberneticsCom) 2017 IEEE International Conference on, 20–22 Nov 2017.
[6] Junaidi, J., Cholisoh, N., & Hasanah, N. (2018). Rancang Bangun Sistem Manajemen Aset IT Untuk Pencatatan History Maintenance Sebagai Pendukung
Keputusan. SENSI Journal, 4(2), 220-231..
[7] J. Junaidi, A. Julianto, N. Anwar, S. Safrizal, H.L.H.S. Warnars, K. Hashimoto, "Perfecting a Video Game with Game Metrics", Telkomnika, vol. 16, no. 3, pp.
1324-1331, June 2018