http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/issue/feed ICIT Journal 2018-10-02T01:52:57-04:00 Sudaryono sudaryono@raharja.info Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">ICIT Journal adalah wadah publikasi ilmiah dalam bidang riset&nbsp;Business Intelligence (BI), bidang riset&nbsp;Information &nbsp;Engineering&nbsp;dan bidang riset&nbsp;TIK&nbsp;secara umum bagi Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana Magister Teknik Informatika (MTI) dan juga artikel ilmiah dari luar Pascasarjana MTI STMIK RAHARJA yang merupakan hasil riset ataupun review artikel.&nbsp;ICIT Journal diterbitkan sebanyak&nbsp;2 kali&nbsp;dalam setahun, yaitu bulan&nbsp;Februari&nbsp;dan&nbsp;Agustus. Mulai Bulan Maret 2017</p> http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/561 OPTIMALISASI DREAM INNOVATION DAY SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PENILAIAN RAHARJA CAREER 2018-09-21T05:38:13-04:00 Khanna Tiara khanna.tiara@raharja.info Desy Apriani desy@raharja.info Julipah Al Munawaroh julipah@raharja.info <p>Pada sistem perkuliahan, sidang komprehensif merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa dalam sebuah perguruan tinggi untuk menunjang kelulusan saat tugas akhir. Dikalangan mahasiswa PO (Penilaian Objektif) sidang komprehensif adalah media pendukung bagi mahasiswa untuk nilai prestasi dalam upaya meningkatkan potensi diri dan ilmu yang di ampuh. Hal ini menjadi dasar pemikiran bahwa dibutuhkan media untuk penilaian dapat diimplementasikan dengan akurat. Dalam PO sidang komprehensif penelitian harus memudahkan dan menghimpun akan adanya media penilaian prestasi bagi mahasiswa. Untuk terealisasikan hal ini, pada Perguruan Tinggi Raharja saat ini dalam memanfaatkan sistem <em>DID (Dream Innovation Day)</em> sebagai media pendukung <em>Raharja Career</em> berbasis <em>iMe (iLearning Media)</em> yang dapat diakses secara <em>online</em>. Pada penelitian menggunakan metode<em> mind mapping</em> dan analisa SWOT. Pada saat mahasiswa ikut serta dalam <em>Raharja Career</em> mahasiswa tidak perlu menghimpun data secara manual cukup dengan melakukan request <em>author</em> dan memiliki <em>email</em> Rinfo, maka mahasiswa sudah bisa membuat dokumentasi <em>Raharja Career</em> sesuai syarat dan ketentuan yang ada. Setelah membuat maka link dokumentasi dapat di konfirmasi kepada <em>Admin DID </em>untuk di <em>input </em>ke dalam daftar dokumentasi <em>Raharja Career</em> dengan status layak dan masuk dalam penilaian <em>Raharja Career</em>. Hadirnya sistem ini pada <em>Raharja Career</em> diharapkan agar mahasiswa dapat mengerjakan dokumentasi <em>Raharja Career</em> dengan mudah dan dosen pengajar dapat melakukan PO mahasiswa melalui pengerjaan tugas ini kapan saja dan dimana saja karena dapat diakses secara <em>online</em> dan tersentralisasi.</p> 2018-09-17T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/558 SISTEM INFORMASI ABSENSI BERBASIS WEB PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA TANGERANG 2018-09-21T05:06:16-04:00 Mulyati Mulyati mulyati@raharja.info Rasyid Tarmizi rasyid@raharja.info Angga Panugali angga.panugali@raharja.info <p><em>Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang adalah lembaga pemerintahan non departemen yang bertugas menanggulangi bencana di wilayah Kota Tangerang yang berpedoman pada kebijakan Badan Nasional Penanggulan Bencana. Agar kinerja karyawan meningkat diperlukan inovasi di berbagai bidang. Salah satunya mengubah sistem absensi manual dengan sistem informasi absensi berbasis web agar kecurangan-kecurangan seperti pemalsuan tanda tangan dan pengisian jam kedatangan yang berbeda dapat diatasi. Sistem absensi berbasis web ini dirancang menggunakan software adobe dreamweaver CS6, visual paradigm for 6.4 enterprise edition, XAMPP. Setelah program jadi dilakukan pengujian dengan menggunakan black box. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan pengamatan, wawncara dengan pihak terkait, dan membaca buku dan literatur lainnya. Sistem absensi berbasis online ini lebih menghemat waktu dan memudahkan pihak terkait dalam mengelolah data sehingga informasi yang dihasilkan dapat lebih cepat, akurat, dan aman.&nbsp; </em></p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/559 INFORMATION OF MEDICINE’S INVENTORY SYSTEM AT PUSKESMAS TELUKNAGA 2018-09-21T05:21:10-04:00 Christien Setiya Kesumawati christien@raharja.info Padeli Padeli padeli@raharja.info Amal Awallya amal@raharja.info <p><em>Puskesmas Teluknaga is one of puskesmas with a lot of patients, each day can reach 100-150 patients. Therefore, the service to treat all the patients must be done quickly so that the patients have no complaints. While in medicines area, the information system is stil using a simple method by using manual record in the book / paper. To save the administration reports, pharmacies and warehouses rely solely on Microsoft excel applications. Manual data consists of many datas. In addition, the file storage for manual data can be damaged. Therefore the author created a strategy in developing the information systems of data processing to assist the process of making medicine reports. To obtain an effective and efficient information system, the system was designed in the Final Report entitled "INFORMATION OF MEDICINES INVENTORY’S SYSTEM IN PUSKESMAS TELUKNAGA". The system will be built by using PHP and MySQL programming language for database design, visual paradigm for UML design, notepad ++ as text editor and xampp v3.2.2 as localhost</em></p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/562 APLIKASI INTERACTIVE LEARNING UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS BUAH-BUAHAN BAGI ANAK-ANAK DENGAN PIRANTI MOBILE SMARTPHONE 2018-09-21T06:36:07-04:00 Aris Martono aris.martono@raharja.info Arsi Yulianjani arsiyulianjani@raharja.info Wahyu Hidayat wahyuhidayat@raharja.info <p><em>Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi interactive learning untuk belajar bahasa Inggris buah-buahan bagi anak-anak dengan piranti mobile smartphone. Kemajuan peralatan teknologi saat ini semakin memudahkan manusia untuk menggunakan dan mengakses semua bentuk informasi, tidak hanya orang dewasa saja tetapi juga anak-anak. Anak-anak ini&nbsp; semakin mahir menggunakan piranti mobile smartphone. Namun kemudahan penggunaan piranti mobile&nbsp; ini membuat kekhawatiran&nbsp; bagi&nbsp; orang tua yang mempunyai anak berumur di bawah 5 tahun. Dikhawatirkan mereka dapat mengakses hal-hal yang belum pantas untuk perkembangan mental. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey, analisis dan desain. Penggunaan Adobe Animate CC2018 untuk pembuatan animasi dan Adobe Photoshop CC2018 untuk pembuatan gambar dan karakter. Langkah berikutnya yaitu pembuatan rancangan storyboard, dan rancangan environment serta&nbsp; rancangan menu aplikasi interactive learning bahasa Inggris buah-buahan yang diimplementasikan ke piranti mobile smartphone. Aplikasi ini dapat menumbuhkan minat bagi anak-anak untuk belajar bahasa Inggris buah-buahan dan dapat mengurangi kekhawatiran orang tua.</em></p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/563 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI INVENTORY FASILITAS MAINTENANCE PADA PT. PLN (PERSERO) TANGERANG 2018-09-21T06:49:20-04:00 Giandari Maulani giandari@raharja.info Devi Septiani devi.septiani@raharja.info Putri Noer Fauziyah Sahara putri.noer@raharja.info <p><em>PT.PLN (Persero) memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia, salah satunya PT.PLN (Persero) yang terletak di JL.Raya Serang km.17 Cikupa Tangerang yang menjadi tempat untuk penelitian ini. PT.PLN (Persero) bergerak dalam bidang penyaluran tenaga listrik untuk didistribusikan kepada masyarakat sekaligus melakukan pemeliharaan peralatan listriknya. Peralatan yang ada digudang perusahaan sering tidak terkontrol jumlah dan penggunaannya karena saat itu tidak adanya sistem yang mengatur keluar masuknya barang, sehingga dalam pencarian atau peminjaman peralatannya membutuhkan waktu yang lama. Inventory gudang merupakan bagian terpenting dalam perusahaan karena didalamnya menampung peralatan yang biasa digunakan untuk kegiatan kerja. Adapun tujuan penelitian ini untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi agar proses kegiatan kerja dapat berjalan dengan baik. Untuk itu perlu adanya rancang bangun sistem informasi terkomputerisasi yang dapat meminimalisir lamanya proses pencarian serta keamanan datanya dapat terjaga. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode pengumpulan data, metode analisa, metode perancangan dan metode pengujian dengan Black Box Testing. Hasil penelitian ini berupa Aplikasi sistem informasi inventory fasilitas maintenance berbasis web yang dirancang bangun dengan menggunakan program berbasis PHP dan MySQL yang cocok untuk menampung seluruh informasi inventory khusus fasilitas maintenance PT.PLN (Persero) Tangerang.</em></p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/585 MEDIA ANIMASI INTERAKTIF UNTUK ANAK USIA DINI PADA RA YASIR TANGERANG 2018-10-02T01:52:57-04:00 Sudaryono Sudaryono sudaryono@raharja.info Dewi Immaniar Desrianti dewi.immaniar@raharja.info Shohifa Nadia Maulida shohifa@raharja.info <p><em>Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk pendidikan yang mengarahkan pada tumbuh kembang anak</em><em>. Pada anak usia dini, anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi.Media pembelajaran merupakan media pendukung dalam proses belajar mengajar. Seiring dengan berkembangnya teknologi, multimedia dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dan dalam pembelajarannya akan lebih menarik minat siswa dalam memberikan pemahaman materi yang mudah karena penyajiannya yang interaktif. Dengan adanya multimedia interaktif ini juga dapat memperkenalkan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi pada siswa dengan melalui aplikasi pembelajaran berbasis multimedia.Perancangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi ini menggunakan animasi hewan.Perancangan media animasi interaktif ini menggunakan softwareAdobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Adobe Flash.Yang menjadi tujuan penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan diantaranya konsep, pengumpulan data, perancangan, dan pengujian.Selain untuk merancang aplikasi, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kelayakan aplikasi sebagai media pembelajaran. Hasil media animasi interaktif berbasis aplikasi ini telah dilaksanakan pada proses belajar mengajar di RA YASIR Tangerang. Dengan adanya media animasi interaktif sebagai media pembelajaran ini siswa dapat mengenali hewan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.</em></p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/431 OTOMATISASI PENGERINGAN IKAN MENGGUNAKAN WEATHER STATION BERBASIS IOT PADA KOPERASI KARYAWAN BANK BTN REGIONAL CABANG TANGERANG 2018-06-22T05:14:26-04:00 Muhamad Dwi Aprianto md.apriyanto@raharja.info Muhamad Muhandika muhandika@raharja.info Ahmad Hidayat ahmadhidayat@raharja.info <p>Perkembangan dan penggunaan teknologi <em>computer</em> saat ini bukan hal yang asing bagi dunia pendidikan. Karena dalam dunia pendidikan <em>computer</em> merupakan alat atau akses yang sangat penting dalam menunjang majunya dunia pendidikan, sehingga dapat memperlancar tugas atau kegiatan instansi yang terkait dalam dunia pendidikan tersebut. Penggunaan <em>computer </em>sangat penting dalam memperlancar atau mempermudah dalam proses pengajaran, Pengolahan Data, Membuat soal Ujian, Penyimpanan data-data yang penting bahkan sebagai bahan pendidikan itu sendiri, tanpa ada penggunaaan komputer yang mempermudah dalam mengakses segala bentuk data mungkin dunia pendidikan yang ada belum semaju dan berkembang seperti sekarang ini. Membuat alat pendeteksi cuaca sebuah produk yang nantinya akan dijadikan sebagai pendeteksi cuaca pada Koperasi Karyawan BANK BTN Regional Cabang Tangerang.</p> 2018-05-07T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/402 APLIKASI GRADUATION ORGANIZER BERBASIS MOBILE PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA 2018-05-07T00:34:41-04:00 Mulyati Mulyati mulyati@raharja.info Astri Wulan Sari astri.wulan@raharja.info Siti Ika Danti danti@raharja.info <p>Wisuda adalah kegiatan pelantikan kelulusan bagi mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas atau perguruan tinggi. Pada umumnya, wisuda dilaksanakan setiap akhir semester dalam kalender akademik. Pada Perguruan Tinggi Raharja terdapat sistem informasi penyelenggara wisuda, melalui sistem tersebut petugas hanya dapat mencatat kehadiran wisudawan/wisudawati saja, sedangkan untuk kehadiran orangtua dan tamu VIP/VVIP masih dilakukan secara manual dengan menggunakan selembar kertas.Selain itu, wisudawan/wisudawati juga kesulitan untuk mendapatkan informasi seputar acara wisuda karena belum ada sistem informasi<br>seputar acara wisuda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi kendala apa saja yang ada pada sistem informasi wisuda pada Perguruan Tinggi Raharja. Perancangan aplikasi ini menggunakan Yii Framework dan Framework Ionic dengan metode analisis SDLC (System Development Life Cycle). Dengan adanya aplikasi graduation organizer online ini diharapkan wisudawan/wisudawati akan lebih mudah mendapatkan informasi acara wisuda.</p> 2018-02-01T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/420 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI RETRIBUSI PERSAMPAHAN PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA TANGERANG 2018-05-30T04:04:32-04:00 Giandari Maulani giandari@raharja.info Tia Maryani tia@raharja.info Yully Brigita yully@raharja.info <p><em>Sistem informasi memegang peranan yang sangat penting didalam instansi pemerintahan untuk mengolah dan menyajikan data dan informasi menjadi lebih mudah, akurat, cepat dan juga dapat menyimpan data pembayaran secara otomatis. UPT Retribusi Persampahan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang seringkali menghadapi permasalahan pada pendataan pembayaran retribusi persampahan sampai dengan</em><em> pembuatan laporannya</em><em>, karena sistem yang berjalan saat ini masih belum terkomputerisasi dengan baik, hal ini mengakibatkan tidak efektif dan efisiennya </em><em>pemasukan data retribusi persampahan</em><em>. Penelitian ini bermaksud akan membuat rancang bangun sistem informasi retribusi persampahan sebagai solusi untuk permasalahan tersebut. Adapun Metodologi Penelitian yang dilakukan yakni Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan study pustaka, Metode analisa menggunakan analisis PIECES, Metode perancangan menggunakan aplikasi </em><em>Visual Paradigm for UML 6.4 enterprise Edition, bahasa pemrograman menggunakan PHP dan HTML, untuk tampilan interface aplikasi menggunakan CSS, untuk database menggunakan MariaDB, untuk server menggunakan Apache, untuk Frameworknya menggunakan Laravel&nbsp; dan tahapan untuk mendesain menggunakan aplikasi Notepad++. Hasil akhir penelitian ini menghasilkan Website Sistem Informasi Retribusi Persampahan untuk Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang.</em></p> 2018-02-01T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/425 ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN DASAR BAHASA INGGRIS PADA TK AN-NURUDDIN DEPOK 2018-05-30T04:34:38-04:00 Nur Azizah nur.azizah@raharja.info Belsana Butar Butar belsana1@gamail.com Indah Tri Wahyuni itriwahyuni54@gmail.com <p><em>Mengenalkan dasar Bahasa Inggris untuk peserta didik taman kanak-kanak (TK) sangatlah penting di saat ini, terutama dalam persiapan anak untuk memasuki pendidikan selanjutnya. Dengan mengenalkan dasar Bahasa Inggris terhadap peserta didik diharapkan anak-anak dapat menambah materi dan dapat mengingat dengan baik sehingga anak-anak dapat mengembangkan pola berpikir yang kreatif pada diri anak. Terdapat suatu hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan metode pembelajaran untuk memotivasi peserta didik belajar dengan efektif serta menyenangkan diperlukan sumber belajar atau alat peraga yang menarik dan menyenangkan. Untuk pembelajaran interaktif dipilih media pembelajaran dengan menggunakan media animasi interaktif yang berisi gambar bergerak, suara serta tulisan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi peserta didik agar mutu dan kualitas belajarnya semakin maju dan membantu para guru untuk menciptakan alat bantu ajar untuk pengenalan dasar Bahasa Inggris kepada para peserta didik secara efektif, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan&nbsp; dapat meningkatkan kualitas hasil belajarnya nantinya.</em></p> 2018-02-01T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/icit/article/view/428 PROFILE SMK MULTIMEDIA MANDIRI MELALUI WEBSITE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA INFORMASI 2018-06-22T03:56:37-04:00 Dewi Immaniar Desrianti dewi.immaniar@raharja.info Achmad Rizal Kurniawan rizal.kurniawan@raharja.info <p>Selaras dengan semakin canggihnya media informasi pada saat ini, penggunaan <em>website </em>sebagai &nbsp;sarana media penunjang informasi sudah umum digunakan. <em>Website </em>merupakan halaman digital yang berisi suatu data-data atau suatu informasi yang sudah dipublikasikan secara umum oleh individu, kelompok, maupun sebuah organisasi tertentu. Dibandingkan dengan media informasi yang sebelumnya seperti koran, poster, spanduk, majalah, dan televisi, <em>website </em>sekarang ini lebih dikenal di masyarakat. Namun SMK Multimedia Mandiri belum mempunyai <em>website </em>sebagai media informasi, sehingga sosialisasi dan penyampaian informasi yang diterima di masyarakat luas terasa kurang tersampaikan. Maka dari itu dengan adanya penelitian ini dibuatlah <em>website </em>yang bertujuan sebagai media informasi sekolah, memperkenalkan SMK Multimedia Mandiri ke masyarakat luas, menyampaikan informasi seputar lingkungan sekolah, serta memberikan kemudahan bagi calon siswa siswi yang akan mendaftar. Pada penelitian kali ini digunakan metode observasi, wawancara/<em>interview</em>, studi pustaka, studi literatur, identifikasi analisa kebutuhan, dan juga perancangan media. <em>Website </em>yang akan dibuat menggunakan bahasa HTML, MySQL, Javascript, PHP,&nbsp;dan CSS sebagai bahasa pemrograman, dan menggunakan <em>software </em>Dreamweaver dalam perancangannya. Dengan dibuatnya penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan <em>website </em>yang berguna sebagai media komunikasi, media sosialisasi, media informasi, dan juga sebagai media promosi.</p> 2018-02-01T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement##