ANALISIS PENGARUH PERILAKUDANKEPERCAYAAN KONSUMENTERHADAPKEPUTUSANPEMBAYARAN ANGSURAN (Studi Kasus : PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk) (Studi Kasus : PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk)

Main Article Content

Mulyati , https://orcid.org/0000-0002-5485-9051 Takismen , Era Era Hia

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PT Sumber Alfaria Trijaya, tbk (Alfamart). Penelitian ini menggunakan 2 variabel independen yaitu perilaku konsumen (X₁), kepercayaan konsumen (X₂) dan keputusan pembayaran angsuran sebagai variabel dependennya (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembayaran angsuran di toko Alfamart. Jumlah sampel pada penelitian ini 100 orang, metode penentuan sampel yang digunakan yaitu metode slovin, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Jenis dan sumber data adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder didapat dari buku-buku yang memuat teori, internet, sumber data lainnya yang dapat dipercaya. Data yang diperoleh dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan analisis berupa uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F dengan bantuan program Statistical Package Social Science (SPSS) 17.0. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi Y = 0,417+0,176X₁+0,748X₂+e. Dari hasil analisis statistik diketahui terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial bahwa kedua variabel independen berpengaruh signifikan secara parsial bahwa kedua variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Diperoleh nilai t hitung variabel perilaku konsumen yaitu perilaku konsumen (18,537) dan kepercayaan konsumen (22,366). Maka t hitung > dibandingkan dengan nilai t tabel (1,660).

Article Details

How to Cite
, M., , T., & Hia, E. (2020). ANALISIS PENGARUH PERILAKUDANKEPERCAYAAN KONSUMENTERHADAPKEPUTUSANPEMBAYARAN ANGSURAN (Studi Kasus : PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk). Jurnal Manajemen Retail Indonesia, 1(01), 16-32. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/jmari/article/view/923
Section
Articles