VIDEO PROMOSI JURUSAN SISTEM INFORMASI BERBASIS MOTION GRAPHIC PADA STMIK RAHARJA TANGERANG

Main Article Content

Lusyani Sunarya Sunarya
Nesya Elvina Ayudita
Satria Agung Prabawa

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, persaingan dalam dunia pendidikan semakin ketat, oleh karena itu dibutuhkan strategi yang tepat dalam mencapai keberhasilan.Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu Jurusan Sistem Informasi STMIK Raharja dalam upaya meningkatkan kepeminatan calon mahasiswa/i baru untuk bergabung di Jurusan SI STMIK Raharja. Permasalahan yang terdapat di jurusan Sistem Informasi STMIK Raharja sebelumnya adalah, Jurusan Sistem Informasi dalam kegiatan promosinya hanya menggunakan media cetak, belum ada media dalam bentuk video promosi yang menjelaskan secara lengkap mengenai informasi jurusan SI yang dikemas secara menarik. Metode penelitian yang digunakan yaitu : analisa permasalahan, pengumpulan data, analisa perancangan media dan konsep produksi media (KPM). Hasil penelitian ini yaitu video promosi berbasis motion graphic 2D yang mencakup unsur gerak, gambar, suara, dan juga musik yang menjelaskan secara detail mengenai profil jurusan Sistem Informasi STMIK Raharja, konsentasi yang ada di Jurusan Sistem Informasi, fasilitas, keunggulan, dan metode pembelajaran. Implementasi dari video promosi ini akan ditunjukan kepada calon mahasiswa/i baru yang berminat untuk mengambil jurusan Sistem Informasi dan sebagai media informasi dan promosi bagi masyarakat luas. Melalui perancangan media video promosi jurusan SI STMIK Raharja ini akan meningkatkan kepeminatan calon mahasiswa/i baru pada jurusan SI STMIK Raharja setiap tahunnya dan sebagai sarana informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.


 

Article Details

How to Cite
Sunarya, L., Ayudita, N., & Prabawa, S. (2018). VIDEO PROMOSI JURUSAN SISTEM INFORMASI BERBASIS MOTION GRAPHIC PADA STMIK RAHARJA TANGERANG. SENSI Journal, 4(1), 35-45. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/516
Section
Articles

References

[1] Permana, Yasa Sidik, 2012,Perancangan dan Pembuatan Video Promosi Wisata Ala
Dan Edukasi Lingkungan Dolandeso Boro Daerah Banjar Asri Kabupaten Kulon
Progo, Yogyakarta, STMIK AMIKOM.
[2] Desrianti, Dewi Immaniar, Sudaryono, dan Dwi Ayu Ningrum, 2014,Enriching Media
Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus pada Bookstore,CCIT Journal
Vol.7 No.3,Tangerang, Perguruan Tinggi Raharja.
[3] Wardhani, Rahmi Kesuma dan Iman Sudjudi, 2014,Perancangan Video Dokumenter Autisme, Vol.3 No.1, Bandung, Institut Teknologi Bandung
[4] Win, Nolfian dan Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian, 2015,Video Motion Graphic Sebagai Promosi Perpustakaan Bank Indonesia, Creativitas Vol.4 No.2, Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
[5] Abdillah, Fadhly, Damar Adhiguna,dan Agus Sevtiana, 2017,Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi STMIK CIC Dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic, Jurnal DIGIT Vol.7. No.1, Cirebon, STMIK CIC Cirebon.
[6] Anita, Ria Diajeng dan Fitri Marisa, 2017,Rancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang,Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS), Vol. 1, No. 2, Malang, Universitas Widyagama.
[7] Yeresella, Destri, Anthony Y.M, Tumimomor, dan Martin Setyawan, 2016,Perancangan Media Video Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil dan Janin BerbasisMotion Graphic, Salatiga, Universitas Kristen Satya Wacana.
[8] Brigitta, Yessica, Eko Sediyono, dan Frederik Samuel Papilaya. 2016. Perancangan
Video Company Profile Lembah Kamuning Dairy Farm, Desa Cigugur, Kuningan Daerah Teknik Motion Graphic, Salatiga, Universitas Kristen Satya Wacana.