RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN ASET IT UNTUK PENCATATAN HISTORY MAINTENANCE SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN

Main Article Content

Junaidi Junaidi
Novi Cholisoh
Nur Hasanah

Abstract

Manajemen aset IT khususnya pencatatan history maintenance merupakan suatu praktek bisnis yang sangat penting di dalam suatu perusahaan. Aset IT yang dimaksud meliputi pemeliharaan aset perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa dan merancang sistem informasi manajemen aset IT untuk pencatatan history maintenance. Karena sistem yang ada saat ini untuk history maintenance masih berupa pencatatan manual dengan menggunakan Ms. Excel sehingga dalam pencarian data masih tersebar di masing-masing petugas IT dan kurangnya keakuratan data. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis menggunakan analisa PIECES, dan dengan melakukan observasi secara langsung di perusahaan, kepustakaan dengan mempelajari dokumen- dokumen yang sudah ada, dan wawancara kepada pihak yang terkait di perusahaan. Perancangangan model sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sistem yang memudahkan dalam pencatatan history maintenance sehingga data yang ada dapat digunakan dalam pengambilan keputusan pembelian aset IT dan menghindari pembelian aset yang tidak perlu.

Article Details

How to Cite
Junaidi, J., Cholisoh, N., & Hasanah, N. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN ASET IT UNTUK PENCATATAN HISTORY MAINTENANCE SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN. SENSI Journal, 4(2), 220-231. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/605
Section
Articles

References

[1]. Endriawan, E., Syafei, W. A., & Isnanto, R. R. (2013). PENGEMBANGAN SISTEM PEMANTAUAN ASET TEKNOLOGI INFORMASI (IT FACILITY MONITORING SYSTEM) PADA PT PERTAMINA (PERSERO). TRANSIENT, 2(3), 851-857.
[2]. Hidayatullah, S. R., Hartati, S. J., & Sudarmaningtyas, P. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Teknologi Informasi Pada PT. PELINDO III Cabang Perak Surabaya. Jurnal JSIKA, 5(2).
[3]. Nursikuwagus, A., & Juliana, T. (2016). PERANGKAT LUNAK SISTEM MANAJEMEN ASET DALAM PENANGANAN ASET IT. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(1), 111-116.
[4]. Pambudi, G. S., Sriyanto, S., & Arvianto, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Web Untuk Optimalisasi Penelusuran Aset di Teknik Industri UNDIP. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 11(3), 187-196.
[5]. Pertiwi, K., Kodrat, I. S., & Somantri, M. (2013). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO. TRANSIENT, 2(1), 39-44
[6]. Supriyatna, A. (2015). Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan dengan Menggunakan PIECES Framework. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(1), 43-52.