RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REGISTRASI TEMPAT USAHAUNTUK MENDUKUNG PEMETAAN WILAYAH

Main Article Content

Yusuf Effendy
Ruli Supriati
Silva Ayu Lestari

Abstract

Dalam penelitian ini mengambil lokasi riset dengan studi kasus di Kantor Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang. Proses registrasi tempat usaha yang ada saat ini masih tertinggal, karena diera globalisasi sekarang pembuatan surat izin tempat usaha masih menggunakan manual, dimana penduduk menunggu sampai beberapa hari untuk mendapatkan surat izin tempat usaha. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, study pustaka, metode analisa menggunakan analisis PIECES. Pada penelitian ini disajikan pembahasan tentang landasan dan tahapan dalam menganalisa dan modelling sistem registarsi tempat usaha dengan menggunakan unified modelling language (UML) yang digambarkan dengan usecase diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Tujuan dalam penelitian ini, untuk melakukan proses perencanaan sistem registarsi tempat usaha, peneliti memberikan masukan untuk membuat sistem informasi registrasi tempat usaha. Dengan sistem informasi registrasi tempat usaha ini, diharapkan sumber daya yang ada dapat digunakan secara optimal.

Article Details

How to Cite
Effendy, Y., Supriati, R., & Lestari, S. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REGISTRASI TEMPAT USAHAUNTUK MENDUKUNG PEMETAAN WILAYAH. SENSI Journal, 4(2), 232-243. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/606
Section
Articles

References

[1]. Akbar, Pacoyama Oktara. 2013. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REGISTRASI ONLINE BERBASIS WEB.
[2]. Ando, Nazarius Hendro. 2013. Implementasi Kebijakan Pengurusan Surat Izin Tempat Usaha Di Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekada. Jurnal ISSN Vol 2 No 2.
[3]. Bahram, Taufiq, dkk. 2015. Aplikasi Permohonan Surat Izin Tempat Usaha Berbasis Web Di Kantor Kelurahan. Jurnal ISSN 2089-3787.
[4]. Endang, Retnoningsih. 2015. Sistem Informasi Simpanan dan Pembiayaan Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al-Multazam Kabupaten Tegal. Jurnal IJSE.
[5]. Putra, Damba. 2017. KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM MEMBERIKAN IZIN USAHA INDUSTRI KECIL DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Ilmiah Hukum Administrasi Negara.
[6]. Riady, Y., Hartati, N., & Daryusman, D. (2014). OPTIMASI DAN EVALUASI PENGGUNAAN REGISTRASI ONLINE DENGAN PENDEKATAN UTILITY SYSTEM (STUDI KASUS REGISTRASI ONLINE DI JAKARTA, TAIWAN DAN KOREA SELATAN 2013.1 dan 2013.2).
[7]. Yusmantoro, Sandi. dkk. 2014. Rancangan Bangun Aplikasi Pengamanan Keaslian Surat Izin Tempat Usaha Menggunakan Algoritma El Gamal dan Secure Hash Algorithm 256 Studi Kasus: Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bengkulu. Jurnal Rekursif Vol 2 No 1.