SISTEM INFORMASI TABUNGAN SISWA BERBASIS WEB PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NUSA PUTRA KOTA TANGERANG

Main Article Content

Suwarto Suwarto
Nasril Sany
Eka Indriani

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nusa Putra Kota Tangerang hanyalah salah satu sekolah yang belum menerapkan teknologi (by system) secara menyeluruh. Diantaranya yaitu tabungan siswa. Dalam sistem yang berjalan saat ini pembayaran tabungan masih dilakukan bersamaan (dijadisatukan) dengan pembayaran SPP yakni satu bulan sekali dan data dimasukkan ke dalam Microsoft Access 2010 oleh satu orang bendahara sekolah dimana memiliki kemungkinan akan terjadi kesalahan atau ketidaktepatan dalam memasukkan nominal tabungan, siswa tidak dapat mengetahui jumlah saldo yang dimiliki, tidak memungkinkan para siswa untuk dapat menabung setiap harinya dan hanya dapat dipergunakan di kelas XII (dua belas). Sehingga diperlukan adanya sistem tersendiri bagi tabungan siswa yaitu sistem informasi tabungan siswa berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode analisa PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service), elisitasi kebutuhan sistem serta pemodelan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk menggambarkan secara visualisasi, yang selanjutnya diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dengan basis data MySQL sebagai database yang digunakan. Sistem Informasi Tabungan Siswa berbasis web ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang ada, mengingat manfaat dari tabungan ini cukup penting untuk para siswa serta sekolah untuk menuju kepada cyber school.

Article Details

How to Cite
Suwarto, S., Sany, N., & Indriani, E. (2018). SISTEM INFORMASI TABUNGAN SISWA BERBASIS WEB PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NUSA PUTRA KOTA TANGERANG. SENSI Journal, 4(2), 244-256. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/607
Section
Articles

References

[1] B. Hartono, Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
[2] A. Susanto, Sistem Informasi Akuntansi, Bandung: Lingga Jaya, 2013.
[3] W. R. K. Hendra Purnama, “Perancangan Program Aplikasi Tabungan Siswa Sekolah Dasar Negeri Cipancar IV Dengan Menggunakan Pendekatan Metodologi Rapid Application Development,” Jurnal Algoritma, vol. 11, no. 1, 2014.
[4] A. Haryanta dan R. d. A. S. A, “Perancangan Sistem Informasi Perencanaan Dan Pengendalian Bahan Baku Pada Home Industri,” Jurnal Sisfotek Global, vol. 7, no. 1, 2017.
[5] P. Sutopo, D. Cahyo dan Z. Arifin, “Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 Di Kalimantan Timur Berbasis Web,” Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 11, no. 1, 2016.
[6] R. Abdulloh, Easy & Simple Web Programming, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.

Most read articles by the same author(s)