RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN EKSPOR STUDI KASUS PT. ISTEM

Main Article Content

Euis Sitinur Aisyah Novi Nur Atika Rere Intan Fandiny

Abstract


  1. Indonesia Synthetics Textile Milis atau disingkat PT. ISTEM adalah perusahaan yang memproduksi kain polyester & viscose blended dyed. PT ISTEM didirikan tanggal 12 Agustus 1970, berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. B/42/Pres/3/70, tanggal 17 Maret 1970 dan Surat keputusan Mentri Perindustrian No.261/M/SK/1970, tanggal 17 Juni 1970, dan disahkan dalam Lembaran Negara No.300, tanggal 12 Agustus 1970 dan tanggal 22 Maret 1972 diresmikan oleh Mentri Perindustrian dan Gubernur Jawa Barat.PT. ISTEM salah satu perusahaan yang mengikuti perkembangan teknologi yang terkomputerisasi namun masih ada beberapa laporan yang masih menggunakan Ms. Excel maupun sudah menggunakan sistem komputerisasi, tetapi masih memiliki kekurangan dalam sistem tersebut.PT. ISTEM melakukan penjualan domistik dan penjualan ekspor. Pada pembuatan laporan penjualan ekspor PT. ISTEM masih menggunakan Ms Excel. Hal tersebut mengakibatkan proses pelaporan tidak berjalan dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mengumpulan data, metode analisis dan metode perancangan.Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi langsung di perusahaan, melakukan dokumentasi dengan mempelajari dokumen-dokumen yang ada, riset terhadap masalah, wawancara kepada pihak terkait di perusahaan dan studi pustaka dari beberapa penelitian sebelumnya.Metode Analisa sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language). Metode perancangan menggunakan model yang berorientasi objek dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan menggunakan bahasa pemrogramman PHP (PHP Hypertext Preprocessor).Dari tahapan metode-metode tersebut penulis menemukan masalah-masalah dalam rancang bangun sistem informasi penjualan ekspor yang sedang berjalan dan menemukan solusi yang terbaik bagi perusahaan. Adapun hasil akhir dari penelitian ini adalah rancang bangun sistem informasi penjualan ekspor yang sesuai dengan kebutuhan user dan memudahkan user dalam membuat laopran penjualan, dan menjadikan proses pengarsipan data-data laporan penjualan ekspor menjadi lebih rapi.

Article Details

How to Cite
Aisyah, E., Atika, N., & Fandiny, R. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN EKSPOR STUDI KASUS PT. ISTEM. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 3(1), 22-32. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v3i1.757
Section
Articles

References

[1] Ginting, Elizaandayni. 2013. “Aplikasi penjualan berbasis web (e-commerce) menggunakan nornal pada mutiara fashion”. Bandung: universitas Widyatama.
[2] Hanafie, Rita. 2010. “Pengantar Ekonomi Pertanian”. Yogyakarta: Andi.
[3] Moekijat. 2011. “Sistem Informasi”. Prasojo.
[4] Mulyanto, MLS. 2010. “Definisi Sistem Informasi”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[5] Sutabri, Tata. 2012. “Konsep Dasar Infolrmasi”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[6] Yakub. 2012. “Pengantar Sistem Informasi”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Most read articles by the same author(s)