PERANCANGAN PEN+ MENGGUNAKAN METODE YII FRAMEWORK PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

Main Article Content

Diah Aryani Qurotul Aini Tasya Novelia

Abstract

Sistem Penilaian online merupakan bagian dari sistem informasi pendidikan jarak jauh melalui media teknologi elektronik internet. Peranan komputer sangatlah penting dalam kegiatan administrasi sekolah terutama dalam kegiatan pengolahan nilai mahasiswa. Meskipun sistem yang ada sudah terkomputerisasi, akan tetapi masih ada kendala-kendala yang sering ditemui dalam proses pengolahan nilai seperti keterlamabatan dosen dalam mengumpulkan nilai, membutuhkan waktu yang lama dalam mengolah nilai  dan proses memasukkan nilai ke komputer dibebankan kepada bagian RPU. Berdasarkan kekurangan-kekurangan diatas, maka dibuatlah sistem informasi nilai mahasiswa berbasis web. Sistem ini dibuat dengan menggunakan aplikasi web berbasis PHP. Pembangunan sistem informasi ini membantu memudahkan dosen mata kuliah dalam mengisi nilai karena dapat dilakukan secara online melalui website, sehingga pengolahan nilai bisa lebih efektif dan efisian. Siswa juga dapat mengakses nilai melalui website. Selain efektif banyak juga kemudahan yang didapat dalam sistem PEN+ ini, yaitu mengiri waktu untuk kinerja penilaian sehingga waktunya dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna lainnya, mengurangi beban divisi RPU, tidak lagi menggunakan sistem yang repot serta dosen yang bersangkutan dalam proses penilaian harus datang kekampus. Maka dengan metode Penilaian Online ini yang bertujuan untuk meningkatkan mutu kualitas dosen maupun mahasiswa manajemen perguruan tinggi.

Article Details

How to Cite
Aryani, D., Aini, Q., & Novelia, T. (2017). PERANCANGAN PEN+ MENGGUNAKAN METODE YII FRAMEWORK PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA. SENSI Journal, 3(1), 46-61. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/760
Section
Articles

References

[1] Warsito, Ary Budi, Muhamad Yusup, Yulianto (2014) “Kajian Yii Framework Dalam Pengembangan Website Perguruan Tinggi”. Jurnal CCIT Vol.7 No.3 Mei 2014. ISSN: 1978 - 8282. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
[2] Rasdiana, Erlita (2013) “Analisa pengembangan sistem System Information Student (SIS) pada perguruan tinggi Raharja”. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
[3] Warsito, Ary Budi, Muhamad Yusup, Iqbal Makaram. (2015) “Perancangan SIS+ Menggunakan Metode YII Framework Pada Perguruan Tinggi Raharja”. Jurnal CCIT Vol.8 No.2. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
[4] Wardani, Susy Kusuma (2013) “Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Pacitan. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security Vol. 2 No. 2.
[5] Rahmawati (2012) “Analisis Penerapan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa”. JAP 3, No. 1.
[6] Rahardja, Untung, Dkk (2014) "Penerapan Rinfo Sebagai Media Pendukung”. Jurnal CCIT Vol.8 No.1 September 2014. ISSN: 1978-8282. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
[7] Budiman (2011) “Pengembangan Aplikasi Rapor Online Berbasis Web Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta”. JAP 3, No. 1.
[8] Harianto, Chandra Tri (2011) “sitem Informasi Pengolahan Nilai Pada Sekolah Menengah".
[9] Friha, Dhani Eka, (2013) "Analisis dan Perancangan Program Evaluasi Hasil Bel Peneliti Siswa Berbasis Web Di SD Negeri Gari 1 Gunungkidul”. Jurnal KNSI. 2013. SD Negeri Gari 1.
[10] Wardani, Susy Kusuma (2013) “Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Pacitan. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security Vol. 2 No. 2.
[11] Wahyani, Sri (2015) “Penerapan Online Jadwal Rencana Studi Plus (OJRS+) Untuk Kebutuhan Registrasi Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi”. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.