PERANCANGAN SISTEM KOPERASI KARYAWAN MENGGUNAKAN QRCODE UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA KOPERASI PT. INTIKEMAS PUTRA MAKMUR

Main Article Content

Nur Azizah
Oleh Soleh
Ning Yuli Astuti

Abstract

Koperasi  karyawan PT Intikemas Putra Makmur merupakan suatu unit layanan karyawan yang tersedia di PT Intikemas Putra Makmur.  Koperasi PT Intikemas Putra Makmur diadakan untuk melayani kebutuhann dari karyawan PT Intikemas Putra Makmur itu sendiri. Pendataan pada koperasi karyawan PT Intikemas Putra Makmur saat ini masih menggunakan buku koperasi dan menginputnya ke dalam  Microsoft Excel  yang diatur secara manual oleh pengurus koperasi. Sistem yang berjalan saaat ini belum berjalan dengan baik dikarenakan masih terdapat  beberapa kekurangan, diantara lainnya anggota koperasi membutuhkan waktu lebih lama untuk mengajukan permohonan pinjaman, karena harus menemui petugas koperasi untuk meminta formulir permohonan pinjaman. Petugas koperasi harus mencatat setiap transaksi anggota ke dalam buku koperasi, kemudian merekap kembali ke dalam Microsoft Excel . Pengadaan buku koperasi membutuhkan dana dan juga rentan hilang, karena hanya di simpan di kardus tempat petugas koperasi, kemudian untuk karyawan yang sudah resign, buku anggota koperasinya menjadi sampah dokumen. Rekapan laporan transaksi kurang aman, karena disimpan di dalam Microsoft Excel  yang rentan akan kesalahan penginputan ataupun manipulasi data karena tidak ada menu login untuk mengakses laporan. Pelayanan koperasi karyawan berbasis web, menggunakan metode analisa PIECES. Perancangan sistem menggunakan Notepad++ untuk Text editor, Framework Yii, bahasa pemrogaman menggunakan bahasa PHP, dan metode transaksi menggunakan scan QR Code.  Sistem ini dapat memudahkan petugas dalam pelayanan, dan mengurangi terjadinya human error. Sistem yang diusulkan dapat membuat format laporan transaksi dengan lebih rinci dan rapi. Keamanan data terjamin karena terdapat hak akses dari masing-masing devisi, mengefisiensikan waktu petugas koperasi dalam pelayanan transaksi dan pembuatan laporan.


 

Article Details

How to Cite
Azizah, N., Soleh, O., & Yuli Astuti, N. (2019). PERANCANGAN SISTEM KOPERASI KARYAWAN MENGGUNAKAN QRCODE UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA KOPERASI PT. INTIKEMAS PUTRA MAKMUR. SENSI Journal, 5(2), 176-190. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/831
Section
Articles

References

[1] Junaidi, Junaidi, Ladyca Anugrah, and Adhitya Dwi Pancasakti. "Model Aplikasi Monitoring Sistem Absensi Sidik Jari Sebagai Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai." Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I) (2015).
[2] Supriyanto, Agn. 2015. Tata Kelola Koperasi Kredit Atau Koperasi Simpan Pinjam.Yogyakarta : Penerbit Andi.
[3] Junaidi, Junaidi, Abdul Roji, and Kharis Munawar. "Konsep Otomatisasi Sistem Pembayaran SPP Online Untuk Mengurangi Tingkat Keterlambatan." Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I) (2015).
[4] Henderi, Henderi, Junaidi Junaidi, and Tubagus Ahmad Harja Kusuma. "Dashboard Monitoring System Penjualan Dan Reward Mobile Kios PT. Telekomunikasi Seluler." Semantik 2.1 (2012).
[5] Muharom, Lutfi Ali. “ Penerapan Model Presensi Ujian Semester Berbasis Quick Response Code (QR Code) di Universitas Muhammadiyah Jember”. JUSTINDO 1.2 (2016).
[6] Junaidi, Junaidi, Ridwan Arifin, and Amanda Septiani. "Rancang Bangun Aplikasi Sistem Inventory Berbasis Desktop Menggunakan JSE." Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I) (2015).
[7] Hernikawati, Dewi. “ Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Komunikasi Data Di Pjkkd Batan”. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 22.1 (2018).
[8] Junaidi, Junaidi, Abdul Roji, and Kharis Munawar. "Konsep Otomatisasi Sistem Pembayaran SPP Online Untuk Mengurangi Tingkat Keterlambatan." Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I) (2015).
[9] Junaidi, Junaidi, Ridwan Arifin, and Amanda Septiani. "Rancang Bangun Aplikasi Sistem Inventory Berbasis Desktop Menggunakan JSE." Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I) (2015).
[10] Junaidi, Junaidi, Novi Cholisoh, and Nur Hasanah. "Rancang Bangun Sistem Manajemen Aset IT Untuk Pencatatan History Maintenance Sebagai Pendukung Keputusan." SENSI Journal 4.2 (2018): 220-231.
[11 Junaidi, Junaidi, Retno Setianingsih, and Khusnul Khotimah. "Rancang Bangun Sistem Penerimaan Dan Pengeluaran Barang Menggunakan Java Aplikasi." Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I) (2015).
[12] Junaidi, Junaidi, Sugeng Santoso, and Lusyani Sunarya. "Rekayasa Teknik Pemrograman Pencegahan Dan Perlindungan Dari Virus Lokal Menggunakan API Visual Basic." CCIT Journal 1.2 (2008): 134-153.