Media Sistem Informasi Video Profile SMA Permata Insani Menggunakan Adobe Creative Cloud

Main Article Content

Giandari Maulani Sugeng Widada Nabila Geysaka Amir

Abstract

Upaya lembaga sekolah agar dikenal dan diminati oleh masyarakat luas serta agar perolehan calon siswa setiap tahunnya selalu bertambah, yakni dengan melakukan upaya-upaya promosi melalui media tertentu. Media sistem informasi memegang peranan penting didalam suatu lembaga sekolah. Penelitian ini dibuat dikarenakan adanya permasalahan pada SMA Permata Insani yang saat itu belum memiliki media sistem informasi yang tepat untuk dapat menarik minat masyarakat, penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah media sistem informasi yang berbentuk video profile yang memiliki daya tarik audio visual sebagai bentuk upaya mempromosikan SMA Permata Insani. Penelitian ini menggunakan metode analisa permasalahan, metode pengumpulan data, metode perancangan media dan Konsep Produksi Media (KPM) yang memiliki tahapan Preproduction, Production dan Postproduction. Hasil akhir penelitian ini yakni terciptanya media sistem informasi dalam bentuk video profile dengan menggunakan aplikasi Adobe Creative Cloud yang variannya berupa: Adobe Premiere Creative Cloud, Adobe After Effects Creative Cloud dan Adobe Audition Creative Cloud yang dapat membantu SMA Permata Insani didalam melakukan upaya promosi agar dapat meningkatkan minat masyarakat serta meningkatkan perolehan calon siswa barunya.

Article Details

How to Cite
Maulani, G., Widada, S., & Amir, N. (2020). Media Sistem Informasi Video Profile SMA Permata Insani Menggunakan Adobe Creative Cloud. SENSI Journal, 6(1), 24-37. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/937
Section
Articles

References

[1] Abdillah, Fadhly. Danar Adhiguna dan Agus Sevtiana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi STMIK CIC Dengan Teknik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic. Cirebon : STMIK Catur Insan Cendekia Cirebon. Jurnal Digit. ISSN:2088-589X Vol.7 No.1 : 75-76.
[2] Wulandari, Ria. Achmad Rachmat dan Bobby Aditya. 2018. Promosi dan Informasi Pada Media Video Profile SMA Mandiri Balaraja. Tangerang: STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN: 2356-5209. Vol. 4 No. 2.
[3] Palguna, Kadek Dwi Yoga Adi. I Made Gede Sunarya dan I Made Putrama. 2016. Pengembangan Media Promosi Berbasis Aransemen Musik Dan Video Profil Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Journal KARMAPATI. Vol. 5 No. 1 : 3.
[4] Maulani,Giandari. Citra Jessycha dan Deni Erlangga Saragih. 2018. Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challenge Mnc Channel-Indovision Dengan Adobe Premiere Pro. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018. ISSN : 2302-3805. Vol. 2 No. 11.
[5] Apriani, Desy. Rosdiana dan Asriyani. 2018. Sarana Promosi dan Informasi Sebagai Video Profile SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN: 2356-5209. Vol. 4 No. 2.
[6] Fong, Yang Lai. Dyuty Firoz and Wan Idros Wan Sulaiman. 2017. The Impact Of Tourism Advertisement Promotial Videos On Young Adults. Journal of social sciences and humanities.Vol. 12 No. 3 : 1.
[7] Kim, Jung Hee. Seung Ae Lim. And, Hak Hyun Choi. 2016. An Efficient Expression Technique For Promotional Video Production Based On IoT (the internet of things) In Cultural Art Institutions. Journal Multimedia tools and applications. Vol. 75 No. 22 : 14111.
[8] Anastasia, Karagiannopoulou. Papadopoulos Andreas and Stefanos Armakolas. 2017. Video Creation and Social Networking Educational Environment. Bohemia : University of West Bohemia. a case study of pre-service teacher training in ASPETE Patras. ISBN: 97880-261-0710-1.
[9] Muslina. Abdul Halim. Dan Ibnu Khaldun. 2017. Kelayakan Media Animasi Hukum Newton II Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol Di SMA kabupaten Aceh Besar. Banda Aceh :Universitas Syiah Kuala. Journal IPA Pembelajaran IPA (JIPI). Vol. 1 No.1 : 65
[10]Triyono, Diah minarsih, Dwi oktavia. 2018. Perancangan sistem informasi Booking buku berbasis Web pada Perpustakaan SMK Pancakarya Tangerang. Universitas Raharja. Jurnal SENSI volume 4 No.1 Februari 2018.
[11]Sunarya, Lusyani, Della Nuraisa, Firmansyah Agustian. 2017. Video Profile Sebagai Sarana Informasi dan Promosi Studio 1 PT. Media Televisi Indonesia (Metro T V). Volume 3 No.1.
[12]Martina, Nyayu Khodijah dan Syamubi.2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten Oki. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah. P-ISSN: 2656-1549 Vol.1,No.2 : 165.
[13]Solusi. 2018. 5 Hal menarik yang bisa anda buat dengan Adobe Creative Cloud. Diakses pada 13 Desember 2019 dari: https://www.solusi.com/hal-menarik-yang-bisa-anda-buatdengan-adobe-creative-cloud/, Desember 2019.