Sistem Informasi Perhitungan Pembagian Biaya Hasil Penjualan Barang Produksi Pada PT.Tugumas Fuli

Main Article Content

Nur Azizah Ervina Novita Siahaan Niken Prihatiningsih Sariening

Abstract

Di era perkembangan teknologi saat ini yang juga mempengaruhi di berbagai bidang membuat setiap perusahaan dituntut untuk mampu menjalani persaingan yang ada. Untuk menghadapi persaingan tersebut dibutuhkan suatu strategi sendiri untuk kemajuan perkembangan ekonomi di setiap perusahaan tersebut. Tempat penelitian yang diambil penulis pada saat ini ialah pada PT.Tugumas Fuli Tangerang dimana perusahaan ini ialah perusahaan yang bergerak di bidang industri alat-alat rumah tangga dari stainless steel seperti : rantang, panci, mug, floor strainer s/s, kitchen sink (bak cuci piring) dan lain sebagainya. Permasalahan pada perusahaan ini ialah sistem perhitungan dari total penjualan sampai pada pembagian biayanya masih menggunakan perhitungan manual sehingga membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan laporan hasil penjualan tersebut. Sistem saat ini juga masih belum berjalan dengan optimal karena tidak adanya back up data atau data cadangan sebagai arsip yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga meningkatkan resiko kehilangan data. Metode penelitian yang diambil oleh penulis ialah dengan membuat prototype program menggunakan Microsoft Publisher dan menggunakan UML (United Modelling Language) yaitu usecase diagram, activity diagram, dan sequence diagram. Hasil dari penulisan laporan ini ialah merencanakan membuat sebuah program secara komputerisasi untuk membantu dan mempermudah perusahaan dalam menghitung serta membuat laporan akhir total penjualan dan pembagian biaya dari hasil penjualan barang tersebut.

Article Details

How to Cite
Azizah, N., Siahaan, E., & Sariening, N. (2020). Sistem Informasi Perhitungan Pembagian Biaya Hasil Penjualan Barang Produksi Pada PT.Tugumas Fuli. SENSI Journal, 6(1), 73-86. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/945
Section
Articles

References

[1] Maimunah, dkk. 2016. “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Furniture Online Pada Mitra Karya Furniture”.CSRID Journal. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Vol 8 No 1.
[2] Budi, Ary. Warsito, dkk. 2015. "Perancangan SiS+ Menggunakan Metode YII Framework Pada Perguruan Tinggi Raharja". Jurnal CCIT. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Vol 8 No 2, Januari 2015.
[3] Soetarno, Djoko, dkk. 2016. “Rekayasa Pengontrolan Keamanan Sepeda Motor Inventaris Melalui Media Handphone Pada PT. KMK Global Sport”. CCIT Journal. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Vol 9 No 3.
[4] Rikky Wisnu Nugraha, Zemzem Junaedi. 2014. “Perangkat Lunak Sistem Perhitungan Dasar Harga Pokok Produksi (HPP) Percetakan Buku Dengan Menggunakan Metode Active Based Costing Berbasis Website”. Jurnal LPKIA Vol.4 No.1
[5] Febriyanto, Noer Aji. 2015. “Pengaruh Pengembangan Produk terhadap Volume Penjualan pada Konveksi Busana Muslim Clothing Kendal”. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
[6] Pradana Setiadi, David P.E. Saerang, Treesje Runtu. 2014. “Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Penentuan Harga Jual Pada CV. Minahasa Mantap Perkasa”. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 14 no. 2 - Mei 2014. Manado
[7] Dewi Marini Umi Atmaja, Wina Witanti, Asep Id Hadiana. 2018. “Pembangunan Sistem Informasi Biaya Proyek pada PT. Skyline Semesta Menggunakan Metode Earned Value Management (EVM)”. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi) 2018. Cimahi.
[8] Elok Maharani, Kertahadi, Muhammad Saifi. 2016. “Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Penjualan Kredit dan Penerimaan Kas Dalam Mendukung Pengendalian Intern Perusahaan”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 31 No. 1 Februari 2016. Malang.
[9] Dedi Satria, Zulfan, Syaifuddin Yana, Julizar. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pembelian Dan Penjualan Komoditas Perkebunan Masyarakat Pada UD.Bintang Baru”. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol.4 No.1 Th 2018. Banda Aceh
[10] Rohmat Handoko. 2014. “Perbaikan Fabrikasi Pallet Box Dengan Design For Manufacturing (DFM) Untuk Meminimalisasi Biaya Produksi Dan Kualitas”. Jurnal Teknik Industri ISSN: 1411- 6340. Jakarta.

Most read articles by the same author(s)