Desain Sistem Informasi Monitoring Aset Pada PT.Arbunco Wira Pandega

Main Article Content

Erna Astriyani Fiskarina Nasyah Putri Nurita Eka Widianingsih

Abstract

Suatu perusahaan pasti membutuhkan informasi yang cepat dan tepat, tidak terkecuali informasi mengenai aset. Aset merupakan barang atau benda yang terdiri dari Aset tetap dan Aset yang dapat bergeak. PT.Arbunco Wira Pandega adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Pada saat ini dalam proses pencatatan data aset masih menggunakan aplikasi Ms. Excel, dimana masih dapat terjadinya salah input data aset dan data dapat hilang dari penyimpanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pada sistem yang berjalan untuk mengetahui penerapan sistem informasi monitoring aset pada PT.Arbunco Wira Pandega Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode PIECES (Performance, Information, Economic, Control, and Efficiency, Service), kemudian menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk menggambarkan prosedur sistem yang berjalan. Hasil dari analisa ini adalah dibutuhkannya sistem informasi manajemen aset berbasis website yang akan mengurangi kendala-kendala yang terjadi, sehingga akan mempermudah dalam proses pendataan agar suatu data manajemen menjadi jelas dan rapi.

Article Details

How to Cite
Astriyani, E., Putri, F., & Widianingsih, N. (2020). Desain Sistem Informasi Monitoring Aset Pada PT.Arbunco Wira Pandega. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 6(1), 87-99. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v6i1.946
Section
Articles

References

[1] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administratoristrasi. Bandung: Alfabeta.
[2] Dewi, Meta Amalya, Untung Rahardja dan Siti Rahmawati. 2014. Penggunaan Ekstention Waktu dalam Role Online System Ticketing Raharja (Rooster) Sebagai Penunjang Pelayanan Iduhelp!. Tangerang: Jurnal CCIT STMIK Raharja. Vol.1:125
[3] Retnoningsih, Endang. 2015. Sistem Informasi Simpanan dan Pembiayaan pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al-Multazam Kabupaten Tegal. Jurnal IJSE AMIK BSI Tegal
[4] Suyono, Adelina Ayu, Ulfiatin Nur Indianiati dan Enes Maulia Rizki. 2016. Analisis Aplikasi Integrated postal Operations System (iPos) Pada PT. Pos Indonesia (Persero) KPRK Jombang menggunakan Metode Pieces. Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol.2 No.1.
[5] Junaidi , Tiara. Khanna, Yuliastrie. Nenden Dewi. 2012. Sistem Pakar Monitoring Inventory Control Untuk Menghitung Harga Jual Efektif Dalam Meningkatkan Keuntungan. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
[6] Muslihudin, Muhamad. Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV Andi Offset.
[7] Yunitarini,Rika. 2014. Sistem Informasi Manajemen Tata Kelola Aset Informasi Perhotelan pada Hotel Mahkota Lamongan. Laporan Penelitian. Lamongan.
[8] Mardiani,Tri Gentisya. 2013. Sistem Monitoring Data Aset dan Inventaris PT Telkom Cianjur Berbasis Web. Laporan Penelitian. Cianjur.
[9] Sani,Fitria. 2014. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset dan Inventaris SMKN 7 Padang. Laporan Penelitian. Padang.
[10] Kurniawan. Devitra. 2017. Perancangan Sistem Informasi Aktiva Tetap pada PT.Sejah tera Jaya Mandraguna Jambi. Laporan Penelitian. Jambi.