Perancangan Sistem Informasi Desain Perpustakaan Berbasis Web Pada SMKN 3 Kota Tangerang

Main Article Content

Maimunah Maimunah Dian Anggraeni Miftahul Baihaqi Annazili

Abstract

Hampir di seluruh penjuru dunia sudah menggunakan Teknologi Informasi. Teknologi Informasi saat ini telah menyebar di semua bidang tidak terkecuali di bidang ilmu pengetahuan terutama Perpustakaan. Karena kemajuan teknologi penting untuk membantu mempermudah pengolahan data agar informasi yang dibutuhkan lebih cepat dan akurat. Sistem yang berjalan saat ini di SMKN 3 Kota Tangerang masih manual dan masih banyak kekurangan, seperti pendataan buku, kurangnya SDM, dan koleksi–koleksi buku yang belum lengkap. Hal tersebut menyebabkan lambatnya pembuatan laporan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan untuk membantu perancangan sistem adalah metode observasi, wawancara, studi pustaka, UML, Analisa SWOT dan perancangan prototype. Perlunya sistem terkomputerisasi dan aplikasi perpustakaan berbasis website untuk memudahkan dalam pencarian informasi yang diinginkan dan membangun suatu sistem informasi perpustakaan yang lebih struktur, seperti memantau buku apa saja yang banyak dipinjam dan berapa jumlah buku yang masih ada semua itu dapat kita ketahui tanpa melihat buku catatan perpustakaan. Berdasarkan hal tersebut maka dibuatlah system informasi desain perpustakaan berbasis pada SMKN 3 Kota Tangerang, diharapkan desain web perpustakaan tersebut dapat membantu masalah yang ada pada sistem perpustakaan tersebut supaya memudahkan stakeholder dalam pengolahan data.

Article Details

How to Cite
Maimunah, M., Anggraeni, D., & Annazili, M. (2020). Perancangan Sistem Informasi Desain Perpustakaan Berbasis Web Pada SMKN 3 Kota Tangerang. SENSI Journal, 6(1), 100-111. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/947
Section
Articles

References

[1] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
[2] Triyono, Diah Mintarsih, Dwi Oktavia. 2018. Perancangan sistem informasi booking buku berbasis web pada perpustakaan SMK Pancakarya Tangerang. SENSI Journal. Vol.4 No.1 - Februari 2018.
[3] Dewi, Meta Amalya, Untung Rahardja dan Siti Rahmawati. 2014, Penggunaan Ekstention Waktu dalam Role Online System Ticketing Raharja (Rooster) Sebagai Penunjang Pelayanan Iduhelp!. Tangerang: Jurnal CCIT STMIK Raharja. Vol.1:125.
[4] Retnoningsih, Endang. 2015. Sistem Informasi Simpanan dan Pembiayaan pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al-Multazam Kabupaten Tegal. Jurnal IJSE AMIK BSI Tegal.
[5] Rangkuti. Freddy. 2011. Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko. SWOT Balanced ScoreCard. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[6] Junaidi , Tiara. Khanna, Yuliastrie. Nenden Dewi. 2012. Sistem Pakar Monitoring Inventory Control Untuk Menghitung Harga Jual Efektif Dalam Meningkatkan Keuntungan. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
[7] Taufiq .2013.Sistem Informasi Manajemen Konsep Dasar, Analisis dan Metode Pengembangan. Graha Ilmu, Yogyakarta.
[8] Muslihudin, Muhamad. Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV AndiOffset.
[9] Sudaryono, Suryo Gurito dan Untung Rahardja. 2011. Theory and Application of IT Research : Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.
[10] Luthfiyah, Fitwi. 2015. Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan. Palembang: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol.1 No.2.
[11] Hendrianto, Dani Eko. 2014. Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. IJNS – Indonesian Journal onNetworking and Security - Volume 3 No.4.
[12] Hariadi, Fajar. 2013. Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SDN Sukoharjo Pacitan Berbasis Web. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security - Vol 2 No.4.

Most read articles by the same author(s)