Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Dengan SMS Gateway Koperasi PT.Satyamitra Kemas Lestari

Main Article Content

Haryanto Haryanto Sidiq Rahmad Siswantoro Ardianto Aritonang

Abstract

Koperasi PT.Satyamitra Kemas Lestari membutuhkan sebuah sistem informasi koperasi simpan pinjam yang dapat mengatasi masalah penyebaran informasi, seperti anggota yang tidak dapat melihat informasi tabungan dan informasi data pinjamannya kecuali datang langsung di kantor koperasi. Pembuatan sistem informasi koperasi berbasis web ini menerapkan teknologi sms gateway sebagai sarana pemberitahuan kepada anggota,pembuatan sistem mengarah pada kebutuhan koperasi, dengan melihat proses bisnis awal koperasi kemudian menjadikan proses tersebut lebh terkompeterisasi. Sms gateway dibuat dengan alur pemberitahuan satu arah saja. Anggota koperasi mempunyai hak akses dalam sistem informasi ini untuk melihat informasi seperti simpanan dan pinjamannya di koperasi (jika melakukan peminjaman pada koperasi). Sistem infomasi koperasi menggunakan data base yang membuat data menjadi lebih terstruktur dan mudah di cari. Sistem ini juga mempermudah anggota untuk melihat data simpanan dan record pinjamannya di koperasi. Untuk menyebarkan informasi koperasi dapat menggunakan sarana informasi berbasis web yang dapat menyebarkan informasi secara cepat dan efisien. Sistem informasi koperasi simpan pinjam merupakan sebuah sistem informasi yang berisi tentang informasi pendataan data koperasi, mulai dari data calon anggota, data anggota, data simpanan maupun data pinjaman anggota. Penerapan teknologi sms gateway pada sistem ini menggunakan modem sebagai perangkat penerima sms dan pengirim sms.

Article Details

How to Cite
Haryanto, H., Siswantoro, S., & Aritonang, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Dengan SMS Gateway Koperasi PT.Satyamitra Kemas Lestari. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 6(1), 112-122. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v6i1.948
Section
Articles

References

[1] Santoso,Sugeng.,ilamsyah, Winda Novita. 2019. Aplikasi Sistem Informasi Pemantauan Inventory Stock Opname berbasis Web pada PT.Makmur Berkat Solusi Logistic. SENSI Journal. Volume 5 No.2. Agustus 2019.
[2] Gallaleo.I.Wibowo, Rumagit,AM dan Tuturoong,NJ. 2014. Perancangan Aplikasi Gudang Pada PT. Pakan Ternak Sejati. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer. Vol.3 No.4: 11-18.
[3] Alfeno,Sandro., Ferry, S dan Ihsan, M. 2016. Penerapan Analytcal Hierarchy Process (AHP) Sebagai Model Penunjang Keputusan Penerimaan Mahasiswa Program Studi Ground Handling Airlines Pada Universitas Muhammadiyah Tangerang. SENSI Journal. Volume 2 No.2:139-153.
[4] Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
[5] Mulyati, Rasyid Tarmizi, Angga Panugali. 2018. Sistem Informasi Absensi Berbasis Web Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang. CERITA Journal. Volume.4 No.2 : 117-127.
[6] Tyoso, JSP. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
[7] Azizah, Nur., Astriyani, E dan Listina, NN. 2015. Optimalisasi Aplikasi E-Commerce Untuk Penjualan Pada Toko Desfa Bogor. CERITA Journal. Volume.1 No.1 :64-73.
[8] Nandari, BA., Sukadi. 2014. Pembuatan Website Portal Berita Desa Jetis Lor. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security. Volume.3 No.3:43-47.
[9] Warnars, Spits. 2018. Perbandingan Penggunaan Database OLTP dan Data Warehouse. CCIT Journal. Volume.8 No.1:83-100.
[10] Rusdiana, HA., Irfan, M. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Cetakan.1 Bandung : Pustaka Setia.
[11] Haryanta,Tohari. 2014. Analisis Perancangan Sistem Informasi melalui Pendekatan UML. Yogyakarta: ANDI.
[12] Nurjaman,Roni Deden, Turki Salim, Risma Damayanti, 2019 . Model Sistem Informasi Pembukuan Untuk Monitoring Transaksi Koperasi Dalam Mendukung Perhitungan Sisa Hasil Usaha . CERITA Journal. 2019.